Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sedikit Tertahan, Kegiatan Usaha Tetap Tumbuh Positif di Triwulan IV 2021

Sedikit Tertahan, Kegiatan Usaha Tetap Tumbuh Positif di Triwulan IV 2021 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha pada triwulan IV 2021 tumbuh positif.

Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 7,10% di triwulan IV 2021, sedikit lebih rendah dari SBT sebesar 7,58% pada triwulan III 2021, namun meningkat dibandingkan dengan SBT sebesar -3,90% pada triwulan IV 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan kinerja usaha terindikasi pada sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, Hotel dan Restoran dan Pengangkutan, serta Komunikasi. Baca Juga: Dilantik MA, Ini Profil Deputi Gubernur BI Baru: Juda Agung dan Aida S. Budiman

"Hal inididorong oleh meningkatnya permintaan sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai daerah, serta perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur akhir tahun," ujar Erwin di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai triwulan IV 2021 tercatat sebesar 72,60%, sedikit lebih rendah dari 73,30% pada triwulan sebelumnya, namun lebih tinggi dibandingkan dengan 71,96% pada triwulan IV 2020.

"Penggunaan tenaga kerja diindikasikan membaik meski masih dalam fase kontraksi," tambah Erwin.

Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dibandingkan dengan kondisi pada periode sebelumnya, baik dari aspek likuiditas maupun rentabilitas, didukung oleh akses pembiayaan yang lebih mudah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: