Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Philip Anschutz, Taipan Minyak Amerika Pemilik Banyak Klub Sepak Bola

Kisah Orang Terkaya: Philip Anschutz, Taipan Minyak Amerika Pemilik Banyak Klub Sepak Bola Kredit Foto: Getty Images/Harry How
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Amerika Serikat (AS) Philip Anschutz adalah pengusaha yang memiliki dan mengendalikan banyak perusahaan dalam berbagai bisnis, termasuk energi, rel kereta api, real estate, olahraga, surat kabar, film, teater, arena, dan musik.

Pemilik nama lengkap Philip Frederick Anschutz ini juga kerap muncul di institusi medis dan pendidikan lantaran sering menyumbangkan jutaan dolar. Anschutz juga dikenal sebagai seorang Kristen konservatif. Ia telah menyumbang secara terbuka untuk tujuan antigay, anti-transgender, dan anti-aborsi.

Sebagai pengusaha yang berbisnis di berbagai bidang, hari ini harta kekayaan Anschutz mencapai USD10,1 miliar atau sekitar Rp143 triliun, menurut catatan Forbes.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Pallonji Mistry, Taipan Konstruksi asal India

Anschutz lahir dari pasangan Fred dan Marian Pfister Anschutz pada 28 Desember 1939. Ayahnya adalah seorang taipan minyak dan investor tanah yang berinvestasi di peternakan di Colorado, Utah dan Wyoming, dan akhirnya terjun ke bisnis pengeboran minyak.

Anschutz lulus dari Sekolah Menengah Atas Wichita Timur pada tahun 1957, dan pada tahun 1961 lulus dengan gelar sarjana bisnis dari Universitas Kansas. Pria 81 tahun ini memulai bisnisnya pada tahun 1961 saat membeli perusahaan pengeboran minyak ayahnya, Circle A Drilling, dan memperoleh keuntungan besar di Wyoming. Selanjutnya, dia berinvestasi di saham, real estat, dan rel kereta api.

Lalu, ia memperluas investasinya ke perusahaan olahraga dan hiburan, mendirikan asosiasi sepak bola bernama Amerika Major League Soccer serta beberapa tim sepak bola, termasuk Los Angeles Galaxy, Chicago Fire, Houston Dynamo, San Jose Earthquakes, dan New York/New Jersey MetroStars.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: