Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSI Gandeng Bukalapak Bangkitkan UMKM Lewat Digital

BSI Gandeng Bukalapak Bangkitkan UMKM Lewat Digital Kredit Foto: Antara/Arnas Padda
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI berkomitmen untuk terus mendukung penjualan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lewat platform digital, salah satunya melalui produk BSI Hasanah Card dengan menggandeng e-commerce Bukalapak.

Dukungan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan daya beli dan minat masyarakat terhadap produk UMKM Indonesia melalui program Bangga Buatan Indonesia. BSI Hasanah Card sebagai kartu pembiayaan dapat digunakan sebagai salah satu fasilitas smart finansial untuk para milenial dan para pelaku usaha UMKM. 

“Hadirnya BSI Hasanah Card diharapkan dapat menjadi partner dalam berwirausaha untuk mengelola keuangan secara cermat, tepat, digital dan sesuai syariah. Ini kami hadirkan melalui layanan dan fitur financial planning yang melengkapi kebutuhan para pelaku usaha,” ujar Head of Card Business Group Bank Syariah Indonesia, Rima Dwi Permatasari dalam webinar bertajuk “Cerdas Kelola Keuangan Hidup Lebih Tenang” di Jakarta, Jumat (9/4/2021). Baca Juga: BSI Integrasikan Sistem Layanan di Indonesia Timur

Minat masyarakat terhadap BSI Hasanah Card saat ini cukup tinggi. Hal ini dilhat dari jumlah kartu beredar per Maret 2021 mencapai lebih dari 370.000 kartu dengan outstanding pembiayaan mencapai Rp 354 miliar. Adapun sebaran transaksi tertinggi di kategori merchant groceries, e-commerce, department store, electronic & gadget, dan financial institutions.

Dukungan yang sama untuk mengakselerasi penjualan produk UMKM via daring juga disampaikan oleh Community Development Lead Bukalapak Jodi Salahudin Akbar. Menurutnya, Bukalapak menyambut baik sinergi seluruh pihak untuk bersinergi bersama membangun industri UMKM di Indonesia melalui platform digital. 

“Kami berharap kolaborasi dengan Bank Syariah Indonesia menjadi langkah yang tepat untuk bersama bangkitkan ekonomi UMKM dengan prinsip – prinsip syariah. Bukalapak telah berdiri sejak 10 tahun yang memiliki 5,5 juta merchant, 3,3 juta warung dan agen yang tersebar di 142 kota sebagai komunitas pelapak,” jelas Jodi.

Sebagai wujud kerjasama tersebut, BSI menawarkan promo spesial Ramadan BSI Hasanah Card X Bukalapak yaitu potongan hingga Rp 50 ribu dengan minimum transaksi Rp 150 ribu untuk produk-produk UMKM Bangga Buatan Indonesia. Program berlaku mulai 14 – 30 April 2021. Baca Juga: Dukung Ekonomi Umat, BSI Teken Kerja Sama dengan MUI dan PBNU

BSI Hasanah Card juga menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelaku UMKM, yakni sebagai dana darurat ketika situasi tidak mendukung untuk pembayaran cash, bekerjasama dengan Mastercard sehingga dapat digunakan di seluruh dunia.

Selain itu, fitur Smart Spending yang dapat mengubah transaksi menjadi cicilan hingga 24 bulan. Pengguna BSI Hasanah Card juga dapat mengalokasikan dana yang awalnya untuk membayar tagihan untuk kebutuhan lainnya, sehingga cashflow lebih terjaga. 

Dengan adanya billing date/tanggal cetak tagihan dan duedate/tanggal jatuh tempo, para pengguna BSI Hasanah Card juga dapat mengontrol pengeluaran serta memanfaatkan source of fund dari kartu untuk keperluan operasional usaha.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: