Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Deb Haaland, Wanita Suku Asli Pertama yang Jabat Menteri di AS

Deb Haaland, Wanita Suku Asli Pertama yang Jabat Menteri di AS Kredit Foto: Getty Images/AFP/Jim Watson
Warta Ekonomi, Washington -

Deb Haaland telah dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat. Ia menjadi suku asli yang pertama dalam sejarah AS terpilih sebagai menteri. Untuk mengapresiasi sukunya, Laguna Pueblo, pada saat pelantikan Kamis lalu (18/3/2021), Haaland mengenakan mocassin, sepatu dari kulit rusa yang biasa dipakai suku Indian.

Perempuan kelahiran Winslow, Arizona pada 2 Desember 1960, itu bangga menyebut dirinya sebagai generasi ke-35 New Mexico.

Baca Juga: Rasisme Meningkat, Biden dan Harris Temui Para Pemimpin Asia

Sebelumnya, Haaland adalah salah satu dari dua wanita suku Indian yang terpilih menjadi anggota Kongres tahun 2018 dari New Mexico, selain Sharice Davids dari Kansas.

Dengan menjabat Mendagri AS, Haaland bakal memimpin 70 ribu staf. Ia juga akan mengawasi penyelenggaraan kebijakan atas pemanfaatan sekitar lebih dari 2 juta kilometer persegi lahan milik federal dan milik penduduk asli. Ia juga akan menjembatani Pemerintah AS dengan 574 suku pribumi yang diakui pemerintah.

"Saya merasa terhormat dan siap melayani," kata Haaland di Twitter-nya. "Sebagai pribumi yang tumbuh di Pueblo, saya ini galak. Saya akan galak untuk semua, planet kita, dan semua tanah terlindung kita," katanya.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer mengatakan, terpilihnya Haaland merupakan langkah maju dan besar, dalam menciptakan pemerintahan yang mewakili kekayaan dan keragaman Negeri Paman Sam.

“Penduduk asli Amerika sudah terlalu lama diabaikan di tingkat Kabinet dan di banyak tempat lain, '' kata Schumer, dikutip Channel News Asia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: