Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pamit dari Senat, Kamala Harris Siap Jadi Orang Nomor 2 di AS

Pamit dari Senat, Kamala Harris Siap Jadi Orang Nomor 2 di AS Kredit Foto: Antara/REUTERS/Jonathan Drake
Warta Ekonomi, Washington -

Wakil presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mundur dari Senat tiga hari sebelum ia dan presiden terpilih Joe Biden dilantik. Staf Senat dari Partai Demokrat yang mewakili California itu mengonfirmasi kabar tersebut.

Pada Minggu (17/1/2021), staf itu juga mengatakan, Gubernur California Gavin Newsom sudah diberitahu mengenai keputusan tersebut. Sekretaris Negara Bagian California Alex Padilla ditunjuk sebagai pengganti Harris yang akan mengisi dua tahun sisa masa jabatannya.

Baca Juga: Joe Biden Dibayang-bayangi Civil War, Orang-orangnya Waspadai Kelompok...

Padilla akan menjadi Senator Latino pertama dari California, negara bagian yang 40 persen populasinya Hispanik. Penunjukan Padilla diumumkan pada Desember lalu setelah lobi intensif untuk mengisi kekosongan kursi Senat yang mewakili negara bagian paling padat di AS.  

Harris tidak akan memberikan pidato perpisahan di ruang sidang Senat. Senat tidak menjadwalkan pertemuan apa pun hingga malam pelantikan presiden dan wakil presiden yang baru.

Padilla datang ke Senat saat Partai Demokrat menguasai Senat, House of Representative, dan Gedung Putih. Tetapi untuk menegaskan kekuasaan mereka di Senat, partai itu masih menunggu Senator terpilih dari Georgia Jon Ossoff dan Raphael Warnock untuk melakukan sumpah jabatan.

Harris menjadi perempuan kulit hitam dan keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai wakil presiden AS. Tapi, dengan kepergiannya maka tidak ada lagi perempuan kulit hitam di ruang sidang Senat.

Ia perempuan kulit hitam kedua yang terpilih sebagai anggota Senat setelah Carol Moseley Braun dari Illinois.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: