Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Michael Hartono, Bos Djarum yang Berperan Besar dalam Perekonomian RI

Kisah Orang Terkaya: Michael Hartono, Bos Djarum yang Berperan Besar dalam Perekonomian RI Kredit Foto: Instagram/ahsc82
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah Robert Budi Hartono, Michael Hartono pun menjadi orang terkaya kedua di Indonesia melalui kepemilikan PT Djarum.

Pria lulusan Universitas Diponegoro ini turut merintis usaha yang diwariskan sang ayah, PT Djarum bersama saudaranya, Budi Hartono. Sebagai pewaris bisnis sang ayah, Michael dan Budi bahu-membahu mengembangkan perusahaan yang dulunya sempat habis dilalap api, tetapi kini bisa sukses merajai pasar Indonesia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Budi Hartono, Bos Djarum Sang Konglomerat Terkaya RI

Kerajaan bisnis Djarum pun semakin berjaya di bawah kepemimpinan Michael yang menjabat sebagai direktur. Djarum pun mampu meraup pangsa pasar hingga mencapai 20% dari 240 miliar batang rokok per tahun dari total produksi nasional.

Perjuangan Michael dimulai pada tahun 1951 saat ayahnya membeli usaha kecil di bidang kretek bernama Djarum Gramophon. Nama itu pun diganti menjadi Djarum. Namun, ujian pun tiba saat kebakaran tahun 1963. Tak lama setelahnya, sang ayah pun tutup usia.

Berkat pandangan Michael yang visioner, ia pun mulai memodernisasikan peralatan produksinya sesuai perkembangan teknologi. Hal ini pun meningkatkan produktivitas mereka hingga perolehan penjualan. Hingga pada tahun 1972, Djarum pun memasuki pasar ekspor.

Inovasi produk Djarum yaitu Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM). Produk SKT adalah Djarum 76 dan Djarum 12, sedangkan produk SKM adalah Djarum Super, La Lights, Djarum Mezzo, Djarum Black.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Walter Droege, Konglomerat Jerman yang Sukses Berbisnis dengan Pasangan

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: