Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Haru Biru Perjuangan Anak Tukang Ledeng hingga Sukses Menjadi Miliarder Investor

Haru Biru Perjuangan Anak Tukang Ledeng hingga Sukses Menjadi Miliarder Investor Kredit Foto: REUTERS/Jeff Zelevansky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjadi miliarder investor mungkin hal yang tak pernah terpikirkan oleh Leon Cooperman. Tetapi hari ini, ia adalah seorang yang sukses berharta USD2,5 miliar atau Rp36 triliun melalui perusahaan hedge fund miliknya The Omega, perusahaan penasihat investasi.

Cooperman lahir sebagai imigran kelas pekerja yang hidup di satu kamar apartemen di lingkungan Bronx di selatan Kota New York. Ayahnya adalah seorang tukang ledeng dan ia menjadi generasi pertama di keluarganya yang lahir di Amerika dan juga bisa berkuliah.

Baca Juga: Bukan Elon Musk, Ini Miliarder Pertama yang Akan ke Luar Angkasa, Tapi Berbahaya Banget!

"Semua pendidikan yang saya tempuh selama ini, selalu dari sekolah negeri," ujar Cooperman, sebagaimana dikutip dari CNBC International di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Cooperman merupakan seorang lulusan Hunter College, sekolah negeri yang merupakan bagian dari City College di New York. Setelah itu dia mengambil pendidikan perguruan tinggi di Columbia Business School, berkat pinjaman mahasiswa National Defense Act. Pada tahun 1967, ia pun akhirnya mendapat gelar MBA dan bekerja di Goldman Sachs selama 25 tahun.

Karir pertamanya di Wall Street tak mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Penghasilannya minus akibat tunggakan pinjaman mahasiswa, tak ada simpanan tabungan dan juga harus hidup bersama anak 6 bulan.

Setelah bekerja di Goldman Sach selama 25 tahun, ia pun akhirnya membangun perusahaan Hedge Fund sendiri bernama Omega Advisor pada 1991.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: