Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

China Tes Yuan Digital untuk Pembayaran Gaji

China Tes Yuan Digital untuk Pembayaran Gaji Kredit Foto: Foto: AFP.
Warta Ekonomi, Jakarta -

China mengalami kemajuan dengan tes mata uang digital bank sentral (CBDC), memulai debut pembayaran gaji yang berbasis blockchain dalam yuan digital.

Dilansir dari Cointelegraph (15/6/2021), People's Bank of China (PBoC) telah berhasil menyelesaikan pembayaran upah on-chain pertama di negara itu dalam yuan digital.

Baca Juga: Uji Coba Yuan Digital, Pemerintah China Luncurkan Lotere Yuan Digital

Otoritas Xiong'an mengatakan bahwa uji coba melibatkan bimbingan dan dukungan dari cabang PBoC yang berbasis di Shijiazhuang, cabang Bank of China Hebei Xiong'an, serta Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional.

Percontohan CBDC baru menggunakan platform pembayaran berbasis blockchain untuk mendistribusikan gaji kepada pekerja pada proyek penghijauan musim semi di Xiong'an. Subkontraktor teknik melakukan pembayaran langsung ke dompet digital pembangun dari dompet publik dan mencatat data yang relevan di blockchain.

Menurut pengumuman itu, pembayaran gaji berbasis blockchain secara signifikan menyederhanakan proses pembayaran upah. Implementasinya dilaporkan menandai kombinasi pertama teknologi blockchain dengan yuan digital.

Xiong'an adalah salah satu dari empat wilayah pertama yang menjadi percontohan CBDC China pada April 2020. Pada bulan Februari, cabang Bank Pertanian China di Hebei cabang Xiong'an memproduksi dompet perangkat keras berdesain yuan digital pertama.

Produk ini dikembangkan oleh Komite Kerja Partai di Area Baru Xiong'an dan cabang PBoC di Shijiazhuang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: