Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Lee Kun-hee, Bos Samsung yang Kontroversial di Korea Selatan

Kisah Orang Terkaya: Lee Kun-hee, Bos Samsung yang Kontroversial di Korea Selatan Kredit Foto: Steve Marcus/Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pewaris Samsung GroupLee Kun-hee merupakan orang terkaya di Korea Selatan. Pria yang lahir pada 9 Januari 1942 ini adalah anak ketiga dari Lee Byung-chul sang pendiri Samsung Group. Lee Kun-hee bergabung pada perusahaan pada tahun 1968 dan mengambil alih kepemimpinan pada tanggal 1 Desember 1987.

Pria lulusan Waseda University dan George Washington University saat mulai mengambil alih Samsung dikenal membawa karyawan asing ke Korea Selatan dan mengirim karyawan lokal keluar. Alasannya adalah ia ingin bersikap lebih internasional dalam berbisnis.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Klaus-Michael Kuhne, Miliarder Logistik Jerman

Pada tahun 1990-an, di bawah kepemimpinan Lee, perusahaan telah berubah menjadi kekuatan internasional utama dan menjadi merek Asia paling terkemuka di seluruh dunia. Salah satu anak perusahaan grup, Samsung Electronics, sekarang menjadi salah satu pengembang dan produsen semikonduktor terkemuka dunia.

Saat ini pendapatan Samsung mencapai 39 kali lipat dari sebelumnya. Pada tahun 1987, ia menghasilkan sekitar 20 persen dari PDB Korea Selatan, dan Lee hingga hari ini adalah orang terkaya di negara itu.

Sayangnya, banyak drama dan skandal dari Samsung Group ini. Pada 21 April 2008, ia mengundurkan diri akibat skandal dana gelap dan menyatakan bahwa dirinya dan perusahaan telah menyebabkan masalah bagi bangsa dengan penyelidikan khusus.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: