Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Riset CDC Teranyar Tunjukkan Vaksin Pfizer dan Moderna Amat Manjur Cegah Covid-19

Riset CDC Teranyar Tunjukkan Vaksin Pfizer dan Moderna Amat Manjur Cegah Covid-19 Kredit Foto: Reuters/Tami Chappell
Warta Ekonomi, Washington -

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis studi terbaru pada Senin (29/3/2021) yang menunjukkan vaksin mRNA yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna sangat efektif dalam mencegah Covid-19 dalam kondisi-kondisi nyata.

Studi itu dilakukan di antara hampir 4.000 petugas kesehatan, petugas pertolongan pertama, dan pekerja penting lainnya di enam negara bagian antara 14 Desember dan 13 Maret. Hasilnya menunjukkan risiko infeksi berkurang 80 persen setelah satu dosis dan 90 persen setelah dua dosis.

Baca Juga: CDC Beberkan Ada Keistimewaan untuk Orang yang Sudah Disuntik Vaksin, Apa Ya?

Berbicara selama pengarahan tim tanggapan Covid-19 Gedung Putih, Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan penelitian tersebut menunjukkan kedua vaksin bisa efektif tidak hanya pada infeksi simtomatik tetapi juga infeksi tanpa gejala.

Ia menyebutnya "sangat menggembirakan," dan mengatakan studi itu melengkapi studi terbaru lainnya di New England Journal of Medicine dan di tempat lainnya.

Tetapi Walensky mengatakan kabar baik terhalang oleh jumlah virus terakhir di seluruh Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan rata-rata harian untuk infeksi naik sepuluh persen selama seminggu terakhir, menjadi hampir 70.000 per hari. Rawat inap meningkat lebih dari empat persen dan kematian hampir tiga persen.

Pimpinan CDC itu mengatakan kondisi AS serupa dengan Eropa beberapa minggu yang lalu. Eropa sekarang mengalami gelombang infeksi baru.

Dia mengeluarkan peringatan menakutkan mengenai "kemungkinan malapetaka " di AS di tengah peningkatan infeksi virus corona dan rawat inap. Dia mendesak warga agar bersabar dan terus mempraktikkan jarak sosial serta langkah-langkah keamanan lainnya.

Walensky mengatakan upaya vaksinasi nasional berhasil. Hingga Minggu, lebih dari 93 juta orang telah mendapat sekurangnya satu dosis vaksin dan lebih dari 51 juta orang telah divaksinasi penuh di as.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: