Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Pendapatan Operasional?

Apa Itu Pendapatan Operasional? Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pendapatan operasional merupakan hasil yang didapat langsung dari kegiatan operasional suatu perusahaan sebagai hasil usaha pokok yang dilakukan oleh perusahaan.

Pendapatan operasional juga merupakan angka akuntansi yang mengukur jumlah keuntungan yang direalisasikan dari operasi bisnis. Angka tersebut didapat setelah dikurangi biaya operasi seperti upah, depresiasi, dan harga pokok penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Non-Operasional?

Pendapatan operasinal mengambil pendapatan kotor perusahaan, yang setara dengan total pendapatan dikurangi COGS, dan mengurangi semua biaya operasi. Sementara biaya operasional bisnis adalah biaya yang timbul dari aktivitas operasi normal dan termasuk item seperti perlengkapan kantor dan utilitas.

Pendapatan operasional merupakan ukuran yang menunjukkan seberapa besar pendapatan perusahaan yang akan menjadi keuntungan. Pendapatan operasional mirip dengan pendapatan perusahaan sebelum bunga dan pajak (EBIT); itu juga disebut sebagai laba operasi atau laba berulang.

Menganalisis pendapatan operasional bermanfaat bagi investor karena tidak termasuk pajak dan item lain yang mungkin mengganggu laba atau laba bersih. Perusahaan yang menghasilkan peningkatan jumlah pendapatan operasional dipandang menguntungkan karena itu berarti bahwa manajemen perusahaan menghasilkan lebih banyak pendapatan sambil mengendalikan biaya, biaya produksi, dan overhead.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: