Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akui Inkonsistensi Regulasi Penanganan Covid-19, Satgas: Karena Virus Juga Selalu Berubah

Akui Inkonsistensi Regulasi Penanganan Covid-19, Satgas: Karena Virus Juga Selalu Berubah Kredit Foto: Antara/Arnas Padda
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengakui bahwa regulasi penanganan Covid-19 sering mengalami perubahan. Akan tetapi, ia menyatakan hal ini disebabkan dinamika virus yang juga terus berubah.

"Regulasi yang sering berubah-ubah itu karena dinamika infeksi [Covid-19]. Karena setiap perjalanan pandemi ini kita sebut sebagai living document yang selalu berubah," ujar Alexander dalam dialog virtual KPCPEN, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Satgas Yakin Upaya Berlapis Penanganan Covid-19 Jadi Faktor RI Diakui Dunia

Perilaku virus yang sangat dinamis inilah yang membuat pemerintah sering kali gonta-ganti regulasi demi menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Kendati demikian, Alexander menekankan ada satu aspek yang perlu dipertahankan oleh para pembuat kebijakan, yakni kondisi penularan virus Covid-19 yang terkendali selayaknya kondisi saat ini.

Indonesia terus mengalami perbaikan setelah sempat mengalami second wave pada Juli lalu. Perkembangan terakhir mencatat angka positivity rate dapat ditekan hingga berada di bawah 2%.

Menurut Alexander, perbaikan tersebut dapat dicapai berkat adanya kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat melalui PPKM. Akan tetapi, masyarakat juga perlu turut bekerja sama dalam membuat kondisi Covid-19 terus terkendali.

"Ini yang mau kita pertahankan agar tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19 di 2022. Ini memang tanggung jawab kita bersama, yang penting komunikasi risiko harus sampai masyarakat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: