Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Cadangan Wajib Minimum?

Apa Itu Cadangan Wajib Minimum? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cadangan wajib minimum adalah jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank di brankas mereka atau di bank sentral terdekat, sesuai dengan simpanan yang dilakukan oleh pelanggan. Persyaratan ini adalah peraturan bank sentral yang menetapkan jumlah minimum yang harus dimiliki oleh setiap bank.

Cadangan wajib minimum pada umumnya ditentukan oleh bank sentral tidak kurang dari persentase tertentu dari jumlah kewajiban deposito yang menjadi hutang bank komersial kepada pelanggannya.

Baca Juga: Apa Itu Cadangan Wajib?

Cadangan bank umum biasanya terdiri dari uang tunai yang dimiliki oleh bank dan disimpan secara fisik di lemari besi bank (vault cash), ditambah jumlah saldo bank umum di rekening bank tersebut di bank sentral.

Rasio cadangan yang disyaratkan juga terkadang digunakan sebagai alat dalam kebijakan moneter, mempengaruhi pinjaman dan suku bunga negara dengan mengubah jumlah dana yang tersedia bagi bank untuk memberikan pinjaman.

Persyaratan cadangan adalah alat lain yang dimiliki bank sentral untuk mengontrol likuiditas dalam sistem keuangan. Dengan mengurangi persyaratan cadangan, bank sentral menjalankan kebijakan moneter ekspansif. Sebaliknya, ketika menaikkan persyaratan, ia menjalankan kebijakan moneter kontraktif. Tindakan ini memotong likuiditas dan menyebabkan ekonomi menjadi dingin.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: