Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kekalahan di Depan Mata, Armenia Malah Seret-seret NATO

Kekalahan di Depan Mata, Armenia Malah Seret-seret NATO Kredit Foto: DNA India
Warta Ekonomi, Baku -

Langkah Presiden Armenia, Armen Sarkissian, meminta bantuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menjadi sorotan. Selain bisa memancing kemarahan Rusia yang merupakan sekutu terbesarnya, tindakan Sarkissian ini dianggap sebagi sinyal jika Armenia sudah berada di ambang kekalahan perang dengan Azerbaijan.

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, Sarkissian mencoba meminta dukungan NATO tanpa memperhitungkan status Rusia. Padahal, Armenia bukan salah satu anggota NATO dan merupakan bagian dari Pakta Pertahanan Keamanan Bersama (CSTO) yang dibentuk Rusia.

Baca Juga: Ibu Kota Armenia Membara, Pedemo Ibaratkan Erdogan Hitler Kedua

Sebagai akibat dari kerugian besar yang ditelan akibat perang melawan Azerbaijan, Armenia ditengarai sudah putus asa. Keengganan Rusia memberikan dukungan militer dalam perang, membuat Armenia mengambil langkah menuju NATO. 

Sarkissian terbang ke Brussels, Belgia, untuk bertatap muka dengan Sekrtaris Jenderal (Sekjen) NATO, Jens Stoltenberg. Politisi 67 tahun itu mencoba meyakinkan NATO untuk ikut menyelesaikan konflik di Nagorno-Karabakh (Artsakh). 

Sayang, permintaan Sarkissian ditolak mentah. Dengan tegas Stoltenberg menyatakan jika NATO tidak akan ikut-ikutan dalam konflik bersenjata Armenia dan Azerbaijan. Walaupun, Stoltenberg mengakui baik Armenia dan Azerbaijan memiliki hubungan baik dengan NATO selama lebih dari dua dekade.

"Saya mengingatkan Presiden (Armenia) bahwa NATO bukan bagian dari konflik ini. Baik Armenia dan Azerbaijan telah menjadi mitra NATO yang dihargai selama lebih dari 25 tahun," ujar Stoltenberg dikutip dari Anadolu Agency.

Namun demikian, Stoltenberg meminta kepada Sarkissian dan jajarannya, termasuk Azerbaijan, untuk bisa menahan diri dan menghargai kesepakatan gencatan senjata. Stoltenberg mengecam keras serangan kedua negara yang menargetkan warga sipil.

"NATO sangat prihatin dengan pelanggaran gencatan senjata yang sedang berlangsung, yang telah menyebabkan hilangnya nyawa secara tragis. Sangat penting bahwa semua pihak saat ini menunjukkan pengekangan, mengamati gencatan senjata, dan menurunkan ketegangan. Setiap penargetan warga sipil tidak bisa diterima dan harus dihentikan," kata Stoltenberg.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: