Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Red Ocean?

Apa Itu Red Ocean? Kredit Foto: Unsplash/Akson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Red Ocean adalah suatu strategi yang menggambarkan persaingan bisnis yang ada saat ini dan ruang pasar yang sudah dikenal sehingga persaingan sangat ketat dan kompetitif.

Di dalam Red Ocean, batasan-batasan dalam industri telah didefinisikan dan diterima oleh para pelaku bisnis. Di sini, perusahaan berusaha mengalahkan lawan mereka demi mendapatkan permintaan dari pangsa pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Apa Itu Blue Ocean?

Red Ocean melibatkan persaingan dalam industri yang telah ada sehingga sering kali membutuhkan tingkat persaingan yang ketat dan dapat melibatkan komoditisasi industri di mana perusahaan bersaing terutama pada harga. Untuk strategi ini, tujuan utamanya adalah untuk mengalahkan persaingan dan memanfaatkan permintaan yang ada.

Salah satu industri yang memerlukan strategi Red Ocean adalah industri minuman ringan. Industri ini sudah ada sejak lama, dan ada banyak hambatan untuk masuk ke dalamnya. Hingga kini terdapat raksasa industri seperti Coke dan Pepsi, dan ada juga banyak perusahaan kecil yang juga bersaing memperebutkan pangsa pasar.

Ruang dan tempat penjualan juga terbatas, pengenalan merek yang mapan atas merek-merek populer dan terkini, serta banyak faktor lain yang memengaruhi persaingan. Hal ini menyebabkan industri minuman ringan menjadi sangat kompetitif untuk masuk dan berhasil.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: