Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Bursa Komoditas?

Apa Itu Bursa Komoditas? Kredit Foto: REUTERS/Simon Dawson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bursa komoditas adalah badan hukum yang menentukan dan memberlakukan aturan dan prosedur untuk perdagangan kontrak komoditas standar dan produk investasi terkait. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pasar komoditas yang diorganisasi secara teratur, digunakan untuk transaksi jual beli komoditas atas dasar kontrak dengan penyerahan seketika atau kemudian.

Dalam ilmu ekonomi, komoditas adalah istilah untuk menyebut kelompok barang atau jasa ekonomi yang memiliki kesepadanan penuh atau sebagian tetapi bersifat substansial. 

Baca Juga: Apa Itu Bursa Efek?

Bursa komoditas mengacu pada pusat fisik perdagangan terjadi. Bursa komoditas juga menjadi tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran komoditas dan derivatifnya.

Selain pembeli dan penjual, ada pula pedagang perantara yang dikenal dengan komisioner dan makelar. Komisioner mengambil posisi dalam pasar persaingan barang, sementara makelar tidak dapat memegang posisi pada komoditas tertentu yang masuk ke dalam kondisi pasar pesaing dan nonpesaing.

Bursa komoditas adalah lokasi sentral tempat komoditas diperdagangkan. Bursa komoditas dimulai dengan perdagangan produk pertanian seperti jagung, sapi, gandum, dan babi pada abad ke-19. Chicago menjadi pusat utama untuk jenis perdagangan komoditas karena lokasi geografisnya di dekat sabuk pertanian dan sebagai titik transit timur-barat dengan akses kereta api.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: