Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Ancaman Erdogan Jika Yunani Gak Mau Berunding

Begini Ancaman Erdogan Jika Yunani Gak Mau Berunding Kredit Foto: Reuters/Bernadett Szabo
Warta Ekonomi, Ankara -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu kemarin memperingatkan Yunani untuk memasuki pembicaraan mengenai sengketa klaim teritorial Mediterania timur. Bila tidak merespons atau bersedia akan menghadapi konsekuensinya.

"Mereka akan memahami bahasa politik dan diplomasi, atau di lapangan dengan pengalaman yang menyakitkan," katanya pada upacara pembukaan rumah sakit di Istanbul.

Baca Juga: Duh! Turki Peringatkan Perang dengan Yunani Hanya Masalah Waktu

Ankara saat ini berhadapan dengan Yunani dan Siprus atas hak eksplorasi minyak dan gas di Mediterania timur. Semua pihak telah mengerahkan angkatan laut dan udara untuk menegaskan klaim mereka yang bersaing di wilayah tersebut.

"Mereka akan memahami bahwa Turki memiliki kekuatan politik, ekonomi dan militer untuk merobek peta dan dokumen tidak bermoral yang diberlakukan," tambah Erdogan, merujuk pada daerah yang ditandai oleh Yunani dan Siprus sebagai zona maritim ekonomi mereka.

Dia menekankan bahwa Turki "siap untuk setiap kemungkinan berserta hasilnya."

Sementara itu seperti dilansir Times of Israel, media Turki melaporkan bahwa tank-tank sedang dipindahkan menuju perbatasan Yunani. Surat kabar Cumhuriyet mengatakan 40 tank diangkut dari perbatasan Suriah ke Edirne di barat laut Turki dan membawa foto-foto kendaraan lapis baja yang dimuat ke truk.

Seorang pejabat militer yang berbicara tanpa menyebut nama sejalan dengan peraturan pemerintah mengatakan pengerahan itu adalah gerakan pasukan reguler dan tidak terkait dengan ketegangan dengan Yunani.

Komentar presiden muncul setelah NATO mengatakan perwira militer dari Yunani dan Turki telah memulai diskusi teknis untuk mengurangi risiko konflik bersenjata atau kecelakaan.

Kedua sekutu NATO telah terkunci selama berminggu-minggu dalam kebuntuan yang tegang di Mediterania timur, di mana Turki mencari dasar laut untuk cadangan energi di daerah yang diklaim Yunani sebagai landas kontinennya sendiri.

Ankara mengatakan berhak untuk mencari prospek di sana dan menuduh Athena mencoba mengambil bagian sumber daya laut yang tidak adil.

Pertempuran udara simulasi antara pilot pesawat tempur Yunani dan Turki telah berlipat ganda di Laut Aegea dan Mediterania timur. Sebuah fregat Turki dan Yunani bertabrakan bulan lalu, dilaporkan menyebabkan kerusakan ringan pada fregat Turki tetapi tidak ada yang terluka.

Erdogan mengatakan Turki telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk mencapai kesepakatan yang adil.

“Kata-kata kami tulus,” katanya. "Masalahnya adalah mereka yang berada di hadapan kita mengabaikan hak-hak kita dan mencoba menempatkan diri mereka di atas kita."

Turki menghadapi banyak sekali lawan di Mediterania timur. Prancis, Italia, dan Uni Emirat Arab semuanya telah mengirim pasukan untuk bergabung dalam permainan perang dengan Yunani atau Siprus dalam beberapa pekan terakhir. Mesir telah menandatangani kesepakatan eksplorasi energi dengan Athena untuk Mediterania.

Uni Eropa, yang menghitung Yunani dan Siprus sebagai anggota, juga mengancam kemungkinan sanksi terhadap Ankara atas tindakan "ilegal" -nya.

Minggu ini, AS mengumumkan akan melonggarkan embargo senjata berusia 33 tahun terhadap Siprus yang terbagi secara etnis.

Pulau itu terbelah pada tahun 1974 ketika Turki menyerbu menyusul kudeta oleh pendukung persatuan dengan Yunani. Turki adalah satu-satunya negara yang mengakui deklarasi kemerdekaan Siprus Turki dan mempertahankan lebih dari 35.000 tentara di Siprus utara.

Krisis baru-baru ini adalah yang paling serius dalam hubungan Turki-Yunani dalam beberapa dekade. Para tetangga telah berada di ambang perang tiga kali sejak pertengahan 1970-an, termasuk sekali perebutan sumber daya laut di Laut Aegea.

Sebelumnya, Ankara mengumumkan latihan militer bersama dengan pasukan Siprus utara dari Minggu hingga 10 September. Latihan udara, darat dan laut diadakan setiap tahun.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: