Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perluas Pembiayaan UMKM, BRI Agro Gandeng Modal Rakyat

Perluas Pembiayaan UMKM, BRI Agro Gandeng Modal Rakyat Kredit Foto: BRI Agro
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka mendukung akses permodalan untuk UMKM di tengah Pandemi Covid-19, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) bekerja sama dengan Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech lending untuk menyalurkan pendanaan ke UMKM. Diversifikasi pembiayaan dilakukan BRI Agro untuk mendukung UMKM dengan berbagai sektor bisnis.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan oleh Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang dengan Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko dan disaksikan oleh Direktur Bisnis BRI Agro Sigit Murtiyoso dan CoFounder & President Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin.

Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang mengatakan, inisiasi kerjasama dengan Fintech P2P Lending pada tahun 2020 oleh BRI Agro menunjukkan hasil yang positif, maka BRI Agro terus memperluas jangkauan kerjasama dengan beberapa fintech lainnya termasuk Modal Rakyat.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Fintech, PFN 2020 Siap Digelar

“Sejalan dengan strategi perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka cross selling produk-produk BRI Agro, maka kami memilih Fintech/ Peer2Peer Lending untuk mengembangkan bisnis selagi kami mempersiapkan model bisnis baru untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group”, ungkap Ebeneser Girsang, Direktur Utama BRI Agro di Jakarta, belum lama ini.

Untuk tahap awal BRI Agro menyediakan dana sebesar Rp50 Miliar melalui penandatanganan kerjasama dengan Modal Rakyat. “Kami sangat optimis bahwa kerja sama dengan Modal Rakyat akan memberikan kontribusi bagi para UMKM. Modal Rakyat memiliki kemampuan untuk menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UMKM, selain itu kerjasama ini dapat serta memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada,” tambah Ebeneser.

Pembiayaan akan difokuskan bagi pelaku UMKM yang terdaftar di Modal Rakyat dengan maksimal penyaluran sampai dengan sebesar Rp2 Miliar per pinjaman. Sektor bisnis tidak terbatas disalurkan ke agrikultur saja, namun juga bisa ke sektor lain seperti logistik, konstruksi, kesehatan, dan teknologi.

“Dengan Dukungan BRI Agro ini, kami semakin memantapkan diri dan yakin pada model bisnis kami sebagai aggregator modal kerja untuk para UMKM yang membutuhkan. Bersama dengan dukungan Bank sebagai institusi keuangan yang lebih dewasa, niscaya mimpi Modal Rakyat membantu terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia semakin cepat tercapai," tutur Hendoko, Direktur Utama (CEO) Modal Rakyat.

Berdiri sejak 2018, sebagai perusahaan fintech lending Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp640 Miliar kepada lebih dari 20.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Adapun sektor dengan pembiayaan terbanyak didominasi oleh 47% sektor usaha Informasi Teknologi (IT) dan 29% pelaku bisnis sektor Perdagangan.

“Kami berharap dengan support pembiayaan dari BRI Agro ini, kami bisa terus meningkatkan porsi portofolio pembiayaan kami kepada para pelaku digital platform, seperti yang sudah kami tekuni selama 12 bulan terakhir. Dari sisi angka, kami menargetkan ke depan Modal Rakyat tumbuh minimal 10% month on month,” imbuh Hendoko.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: