Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Amonium Nitrat?

Apa Itu Amonium Nitrat? Kredit Foto: Reuters/Mohamed Azakir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Amonium nitrat adalah padatan kristal putih yang bisa larut secara alami. Amonium nitrat saat ini lebih dikenal sebagai saltpetre. Amonium nitrat merupakan suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kation amonium.

Amonium nitrat memiliki rumus kimia NH4NO dan disederhanakan menjadi N2H4O3. Senyawa ini berbentu padatan kristal putih dan sangat larut dalam air. Penggunaan amonium nitrat terbesar adalah pertanian sebagai pupuk kaya-nitrogen.

Baca Juga: Presiden Lebanon: 2.750 Ton Amonium Nitrat Pemicu Ledakan Dahsyat

Amonium nitrat juga termasuk komponen utama dalam penambangan bahan peledak. Meskipun begitu, senyawa kimia tersebut tidak bisa meledak dengan sendirinya. Senyawa ini menarik oksigen ke api.

Amonium nitrat sebenarnya dapat memadamkan api. Meskipun begitu, jika bahan kimia itu sendiri terkontaminasi, misalnya dengan minyak, ia menjadi sangat mudah meledak.

Ledakan yang terjadi menyisakan bahan kimia di udara. Itu harus mengilang dengan cepat. Sebab, polutan yang tersisa dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Misalnya, terjadinya hujan asam.

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: