Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Dow, Satu dari Tiga Produsen Kimia Terbesar di Dunia

Kisah Perusahaan Raksasa: Dow, Satu dari Tiga Produsen Kimia Terbesar di Dunia Kredit Foto: Shutterstock
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dow Chemical Company, sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat, dengan kantor pusatnya yang berbasis di Midland, Michigan, lebih sering disebut sebagai Dow. Ini adalah salah satu perusahaan raksasa versi Fortune Global 500.

Dow adalah produsen bahan kimia terbesar kedua menurut laporan 2014 dan hadir di lebih dari 160 negara. Perusahaan ini juga menyediakan lapangan kerja bagi 54.000 orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Meski di Bawah Pfizer Dkk, GSK Sukses Dulang Cuan Besar di Masa Pandemi

Melansir Fortune, Dow pada 2020 berhasil mengumpulkan 42,95 miliar dolar AS pada pendapatannya. Sementara untuk keuntungan yang dihasilkan, Dow terpaksa menelan pil pahit karena merugi 1,35 miliar dolar tahun itu. 

Lebih dari itu, aset dan total ekuitas perusahaan masing-masing adalah 60,52 miliar dolar dan 13,54 miliar dolar. Alhasil, semua catatan dihadapkan pada hasil negatif -3,2 persen terhadap revenue, -2,2 persen terhadap aset, dan -10 persen pada ekuitasnya, yang tercatat tahun 2020.

Sehubungan itu, Warta Ekonomi pada Kamis (14/10/2021) akan mengulaskan kisah perjalanan Dow dalam artikel perusahaan raksasa sebagai berikut.

Bagaimana Dow bisa menjadi salah satu perusahaan terkaya dunia? Apakah karena perusahaan dikenal sebagai pembuat plastik yang mencakup poliuretan, polipropilen, polistirena, dan karet sintetis. Perusahaan juga merupakan salah satu produsen utama surfaktan, akrilat etilen oksida serta resin selulosa.

Bisnis perusahaan ini, melansir SuccessStory, didirikan pada tahun 1897 oleh Herbert Henry Dow yang adalah seorang ahli kimia Kanada.

Perusahaan ini memiliki berbagai lini bisnis yang mencakup plastik kinerja, bahan kimia kinerja, pemurnian air, ilmu pertanian dan beberapa lagi. Beberapa produk konsumen perusahaan termasuk tas ziploc, scrubbing bubbles dan saran wrap.

Sekitar 25 persen dari seluruh penjualan Dow dibuat oleh plastik kinerja. Beberapa produk plastik kinerja mereka dibuat untuk konstruksi dan industri otomotif juga. Produk plastik dasar menghasilkan sekitar 36 persen dari penjualan dan digunakan dalam botol minuman, tirai, tangki minyak dan banyak lagi.

Pabrik pertama perusahaan ini dibangun di Freeport di Texas. Saat ini, pabrik Freeport adalah situs terbesar dan juga salah satu integrasi manufaktur kimia terbesar di dunia. Perusahaan melihat pertumbuhan besar selama Perang Dunia Kedua ketika magnesium tumbuh dalam permintaan untuk fabrikasi bagian-bagian ringan dari pesawat.

Itu juga selama masa perang bahwa perusahaan berinvestasi di Dow Corning, sebuah usaha yang dibuat untuk memproduksi silikon untuk militer dan akhirnya untuk produk komersial juga. Menurut laporan yang dibuat pada 2002-2003, produk senilai 20 miliar pound diproduksi oleh perusahaan.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: