Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Dimulai Abad ke-18, Novartis Masih Eksis Berbisnis di Industri Farmasi

Kisah Perusahaan Raksasa: Dimulai Abad ke-18, Novartis Masih Eksis Berbisnis di Industri Farmasi Kredit Foto: Reuters/Arnd Wiegmann
Warta Ekonomi, Jakarta -

Novartis International AG, perusahaan multinasional Swiss yang bergerak dalam bidang kefarmasian, adalah satu dari sekian perusahaan raksasa dunia yang masuk dalam Fortune Global 500. Dalam catatan Fortune tahun 2020, Novartis duduk di peringkat ke-225, dengan total revenue 50,48 miliar dolar AS.

Novartis, yang merupakan perusahaan gabungan, telah berakar lebih dari 250 tahun lalu. Sejarah panjangnya membawa raksasa farmasi Swiss terus bertahan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Kerja Keras Buktikan Lenovo Menjadi Industri Teknologi Kelas Atas

Dengan hal itu, Fortune mencatat beberapa soal keuangannya seperti keuntungannya 11,73 miliar dolar di tahun 2020. Laba perusahaan turun 7 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 12,61 miliar dolar. Sementara, secara berurutan berikut adalah catatan dari masing-masing market value, aset, dan total ekuitas saham yakni 238,33 miliar, 118,37 miliar, dan 55,47 miliar dolar. 

Lebih lanjut, adapun rasio keuntungan terhadap ketiga catatan tersebut di atas menandakan kondisi finansial Novartis masih baik. Pertama 23,2 persen rasio keuntungan terhadap revenues, 9,9 persen terhadap aset, dan terakhir 21,1 persen terhadap ekuitas saham. 

Lebih lanjut, Warta Ekonomi pada Rabu (21/7/2021) akan mengulas kisah perusahaan raksasa Novartis dalam artikel ringkas berikut ini.

Novartis didirikan pada Maret 1996 dari penggabungan Ciba-Geigy dan Sandoz Laboratories, keduanya merupakan perusahaan Swiss. Novartis adalah salah satu perusahaan farmasi top dunia, dan bersama dengan tetangganya Roche, kontribusi utama Swiss selama berabad-abad untuk obat-obatan baru.

Awal: 1758–1917

Ciba-Geigy juga dibentuk melalui penggabungan dua perusahaan. Dan seperti yang akan diperhatikan, tidak hanya produk farmasi yang mereka buat selama bertahun-tahun yang serupa, tetapi sejarah Ciba, Geigy, dan Sandoz terjalin jauh sebelum merger terakhir mereka pada 1996.

Pada 1758, Johann Rudolf Geigy-Gemuseus mulai berdagang "bahan, bahan kimia, pewarna dan obat-obatan dari segala jenis" di Basel, Swiss. Sementara itu di Basel, pada tahun 1859, Alexander Clavel mengambil produksi fuchsine di pabrik pencelupan sutra, sebelum menjual pabrik tersebut ke Bindschedler & Busch pada tahun 1873.

Tiga tahun kemudian, perusahaan tersebut hadir secara komersial di Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Rusia dan AS. Pada 1884, Bindschedler & Busch telah berubah menjadi perusahaan saham gabungan dan berganti nama menjadi Gesselschaft fur Chemische Industrie Basel atau disingkat "Ciba".

Zat farmasi pertama Ciba adalah Vioform antiseptik dan agen antirematik Salen pada 1900.

Sementara itu, akar Sandoz berasal dari tahun 1886, ketika perusahaan kimia Kern & Sandoz didirikan di Basel oleh Dr Alfred Kern dan Edouard Sandoz. Pada 1895, perusahaan telah memproduksi zat farmasi pertamanya: antipirin, yang merupakan zat pengontrol demam.

Pada 1917, Profesor Arthur Stoll mendirikan departemen farmasi Sandoz dan penelitian dimulai. Setahun kemudian, Stoll mengisolasi ergotamine dari ergot dan zat tersebut digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain. Itu diperkenalkan ke pasar sebagai Gynergen pada tahun 1921.

Pada tahun 1918, ketiga perusahaan membuat perjanjian penyatuan yang disebut Interessen-gemeinschaft Basel (Basler IG). Namun, pengaturan ini dibubarkan pada tahun 1950. Tujuh tahun kemudian, Geigy mulai memproduksi tekstil pembantu –bisnis ini diambil alih oleh Ciba pada tahun 1928.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: