Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kampanye Vaksinasi Dunia oleh G7 Cuma Sebatas Wacana, Orang Ini Teriak Paling Kencang

Kampanye Vaksinasi Dunia oleh G7 Cuma Sebatas Wacana, Orang Ini Teriak Paling Kencang Kredit Foto: Reuters/Patrick Semansky
Warta Ekonomi, New York -

Kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) Mark Lowcock mengkritik negara-negara kaya yang tergabung dalam Group of Seven (G7) karena gagal menjalankan rencana vaksinasi dunia terhadap Covid-19. Ia mengatakan janji G7 menyediakan 1 miliar dosis vaksin tahun depan hanya 'langkah kecil'.

"Pemberian donasi sporadis, skala kecil dari negara-negara kaya ke negara-negara miskin ini bukan rencana serius dan tidak akan mengakhiri pandemi, pada dasarnya G7 sepenuhnya gagal menunjukkan urgensi yang diperlukan," kata Lowcock, dikutip Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Biden Ajak Negara-negara G7 Bareng-bareng Gebuk China, Kenapa?

Pemimpin-pemimpin Amerika Serikat (AS), Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan Kanada bertemu di Cornwall, Inggris pada akhir pekan lalu. Mereka sepakat untuk bekerja sama dengan sektor swasta, negara-negara industri yang tergabung dengan G20, dan negara lain untuk meningkatkan kontribusi vaksin selama beberapa bulan ke depan.  

"Mereka mengambil langkah kecil ini di pantai liburan yang sangat indah di Cornwall, tapi mereka tidak boleh membohongi diri mereka sendiri masih banyak dan lebih dari sebuah langkah kecil  yang perlu mereka lakukan," kata Lowcock yang mengundurkan diri dari jabatannya pada Jumat (11/6/2021).

"Apa yang dunia butuhkan dari G7 adalah rencana untuk vaksinasi dunia, dan kami mendapat rencana vaksinasi sekitar 10 persen dari populasi negara-negara pendapatan menengah dan rendah, mungkin satu tahun dari sekarang atau paruh kedua tahun depan," katanya.

Pada bulan Mei  International Monetary Fund (IMF) merilis proposal senilai 50 miliar dolar AS untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Caranya dengan memvaksin setidaknya 40 persen dari total populasi dari semua negara pada akhir tahun 2021 dan 60 persen pada paruh pertama tahun 2022.

"Ini kesepakatan abad ini," Lowcock seraya menambahkan G7 juga dapat melakukan lebih banyak dengan menyediakan peralatan vital seperti ventilator oksigen, alat tes, dan alat pelindung diri ke negara-negara yang masih menunggu dapat giliran mendapatkan vaksin.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak pemimpin-pemimpin dunia untuk bertindak dengan urgensi. Ia memperingatkan bila negara-negara berkembang tidak segera divaksin maka virus akan terus bermutasi dan menjadi kebal terhadap imunisasi. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: