Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strain Baru Covid-19 Masuk RI, Masih Ampuhkan Vaksin?

Strain Baru Covid-19 Masuk RI, Masih Ampuhkan Vaksin? Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah belum lama mengkonfirmasi adanya mutasi virus Covid-19 dengan nama B117 yang pertama ditemukan di Inggris masuk ke dalam wilayah Indonesia. Ada dua kasus yang ditemukan positif dengan mutasi virus ini. Lalu bagaimanakah peran vaksin?

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa meski bermutasi, sebagian virus tidak berubah virulensinya dan juga efektivitas vaksin terhadapnya.

Baca Juga: Begini Dampak Covid-19 Varian B117 pada Masker Hingga Vaksin

"Berita baik bagi kita semua, bahwa sebagian besar mutasi secara material tidak mengubah virulensi atau kemampuan virus untuk menimbulkan penyakit, begitu juga efektivitas vaksin secara signifikan," ujar Wiku dalam siaran daring dari Graha BNPB, Kamis (4/3/2021).

Meski begitu, ia menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan untuk menurunkan penularan virus Covid-19.

Tambahnya, meski vaksin tetap efektif melawan virus yang bermutasi, jumlah mutasi yang dilakukan virus semakin lama dapat mempengaruhi efektivitas vaksin dalam melawannya.

"Semakin sedikit keberadaan mutasi virus, maka semakin efektif vaksin yang sedang kita kembangkan ini dapat bekerja dengan baik," katanya.

Ia menyebut bahwa diperlukan langkah proaktif dalam melindungi diri sendiri untuk mencegah penularan baik dari virus ataupun mutasinya.

Menunggu penelitian ilmiah akan membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: