Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bilang Sputnik V Aman, tapi Putin Gak Akan Disuntik Vaksin karena...

Bilang Sputnik V Aman, tapi Putin Gak Akan Disuntik Vaksin karena... Kredit Foto: AP Photo
Warta Ekonomi, Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin sudah menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 buatan Rusia Sputnik V aman dan efektif. Namun Putin belum mendapat injeksi vaksin tersebut.

"Kami belum memulai vaksinasi secara luas dan kepala negara tidak dapat mengambil bagian dalam vaksinasi sebagai sukarelawan. Itu tidak mungkin," kata juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov dilansir dari livemint pada Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Rusia Hargai Sputnik V Sekitar Rp140 Ribu, Worth It?

Rusia memiliki jumlah kasus Covid-19 kelima tertinggi di dunia dimana melewati 2 juta kasus pekan lalu. Putin mengumumkan pendaftaran vaksin Sputnik V Rusia pada Agustus. Lalu inokulasi kedua disetujui pada bulan Oktober ketika uji coba Tahap 3 untuk menetapkan keamanan dan kemanjuran masih berlangsung.

"Presiden tidak dapat menggunakan vaksin yang tidak bersertifikat," ujar Peskov.

Putin termasuk dalam kategori berisiko tinggi tertular Covid-19 karena usianya 68 tahun. Karena itu, kelompok pertama dari sukarelawan berusia 60 tahun ke atas memulai uji coba vaksin pada 28 Oktober.

Pengembang Sputnik V menyampaikan baru-baru ini bahwa pengujian awal vaksin menunjukkan 95 persen efektif dalam mencegah infeksi, meskipun belum menerbitkan hasil akhir dalam jurnal peer-review. Rusia telah mulai memvaksinasi pekerja medis, guru, dan pejabat. Pada akhir tahun, produsen menargetkan untuk membuat sekitar 2,9 juta dosis.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: