Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Minta Menteri Siapkan Strategi Komunikasi Soal Vaksin Covid-19

Jokowi Minta Menteri Siapkan Strategi Komunikasi Soal Vaksin Covid-19 Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri terkait agar menyiapkan strategi komunikasi yang tepat untuk pengadaan vaksin Covid-19. Ia meminta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyiapkan tim khusus untuk menangani hal ini.

Jokowi menekankan demikian agar mencegah disinformasi di tengah masyarakat. Pun, juga untuk meredam penyebaran informasi tak benar alias hoaks.

"Dijelaskan secara komperehensif terhadap publik mengenai manfaat vaksin dan peta jalan pelaksanaan vaksinasi sehingga tidak terjadi disinformasi dan penyebaran berita hoaks dari berbagai platform di media yang ada. Saya minta ini timnya pak Menteri BUMN disiapkan lagi mengenai strategi komunikasi ini, di-backup dibantu oleh Menkominfo," kata Jokowi di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Harga Vaksin Covid-19 Harus Terjangkau

Jokowi juga meminta strategi komunikasi ini melibatkan organisasi kemasyarakatan atau ormas agama dan lembaga resmi seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah. Tujuannya agar menjelaskan manfaat dan keamanan vaksin ketika disuntikkan ke masyarakat.

"Dan meyakinkan umat mengenai kehalalan vaksin," ujar Jokowi.

Terkait strategi komunikasi, Jokowi sempat menyinggung capaian pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang terpublikasikan secara luas ke masyarakat.

Sebelumnya, Jokowi juga meminta para menteri fokus membantu pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Ia mengatakan pentingnya semua aspek diperhatikan termasuk keamanan dan efektivitas pelaksanannya. Jokowi mengingatkan agar jangan sampai ada persepsi terburu-buru terkait pengadaan vaksin di masyarakat.

"Keamanan itu artinya kalau disuntik itu betul-betul memang sudah melalui sebuah tahapan-tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak ada satu saja yang bermasalah nanti bisa akan menjadikan ketidakpercayaan masyarakat terhadap upaya vaksinasi ini," kata Jokowi, Senin 26 Oktober 2020. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: