Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PKS Bilang Isu Vaksin Covid-19 Menjadi Liar di Masyarakat

PKS Bilang Isu Vaksin Covid-19 Menjadi Liar di Masyarakat Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar transparan dalam proses pengadaan vaksin Covid-19. Kalau pemerintah mengatakan vaksin itu sudah diuji klinis di beberapa negara dan sudah ada izin penggunaan darurat (emergency use authorization) maka harus ditunjukkan hasil datanya agar mampu menjawab kekhawatiran masyarakat.

"Karena saat ini di masyarakat isunya menjadi liar, aman atau tidaknya vaksin ini. Jangan sampai vaksin yang diberikan masih setengah jadi; ini akan membahayakan penduduk," kata Netty dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jadi Prioritas Vaksin Covid-19, Depok Siapkan 150 Tempat Penyuntikan

Menurut wakil ketua Fraksi PKS DPR RI itu, pemerintah juga harus transparan untuk penggunaan anggaran dalam pengadaan vaksin Covid-19. Sebab, anggaran merupakan amanat rakyat yang harus dikelola secara akuntabel.

"Berapa harga vaksinnya, berapa yang harus dibayar masyarakat, dan kelompok masyarakat mana yang digratiskan—ini harus jelas. Pemerintah berkewajiban untuk melaporkan secara reguler dan detail. Dan sepantasnya pengadaan vaksin ini semata-mata untuk melindungi rakyat dari pandemi Covid-19 dan bukan untuk dijadikan proyek oleh orang-orang yang punya kepentingan," ujar Netty.

Netty juga mengingatkan agar pemerintah terus menjaga dan mengetatkan protokol kesehatan, meski vaksinasi secara massal. Harus ada edukasi yang turun langsung ke masyarakat bahwa vaksinasi tidak berarti bebas Covid-19.

"Pemerintah harus mampu mengantisipasi euforia masyarakat. Penerapan protokol kesehatan tetap harus diperketat: jangan sampai gara-gara euforia vaksin ini kebiasaan 3M dan 3T menjadi ambyar," katanya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto sebelumnya menjanjikan vaksinasi massal akan dimulai pada November 2020. Vaksin yang dipesan adalah produksi Sinovac, G42/Sinopharm, dan CanSino Biologics dari China yang akan disuntikkan kepada berbagai lapisan masyarakat dengan rentang usia 18-59 tahun.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: