Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Benarkah Bill Gates Dapat Keuntungan Rp2.900 T dari Vaksin Corona?

Benarkah Bill Gates Dapat Keuntungan Rp2.900 T dari Vaksin Corona? Kredit Foto: Reuters.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebuah video yang ditonton ribuan kali di Facebook mengklaim bahwa miliarder Bill Gates mengaku menghasilkan USD200 miliar (Rp2.986 triliun) dari investasi yayasan amalnya di bidang vaksin. Benarkah demikian?

Rupanya, dikutip dari AFP Fact Check di Jakarta, Jumat (25/9/2020) klaim tersebut menyesatkan. Klip yang berdurasi 26 detik itu dipotong dari wawancara TV yang durasinya lebih panjang, dalam wawancara itu Gates memperkirakan manfaat sosial dan ekonomi global dari investasi yayasannya sebesar USD10 miliar (Rp149 triliun), bukan keuntungan pribadinya.

Baca Juga: Bill Gates Optimis AS Bakal Kembali Normal Tahun 2021, Corona Bakal Hilang?

Seorang pejabat di lembaga think tank AS yang menghitung laba atas investasi USD200 miliar mengatakan kepada AFP Fact Check bahwa klaim tersebut adalah interpretasi yang salah dari analisis.

"Bill Gates mengakui bahwa dia menghasilkan USD200 miliar dari vaksinnya,” tulis postingan Facebook yang membagikan video tersebut.

Video tersebut merupakan cuplikan dari wawancara Gates kepada jurnalis CNBC Becky Quick pada 23 Januari 2019. Saat itu, ia membahas manfaat ekonomi dari peningkatan tingkat vaksinasi. Namun, 16 detik setelah video terpotongan yang menyebabkan hoax beredar.

Jadi, klaim bahwa Gates mengaku menghasilkan USD200 miliar dari investasi vaksin menyesatkan. Hal itu tidak disebutkan keuntungan pribadi.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: