Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik, Vaksin Covid Asal China-UEA Kantongi Sertifikat Halal

Kabar Baik, Vaksin Covid Asal China-UEA Kantongi Sertifikat Halal Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa calon vaksin Covid-19 yang dikerjasamakan oleh Bio Farma dengan Sinopharm, pabrikan farmasi asal China, dan Group 42 asal Uni Emirat Arab (UEA), telah mendapat sertifikat halal.

Kandidat vaksin yang sudah dipesan Indonesia sebanyak 10 juta dosis ini juga telah mengantongi izin penggunaan darurat atau emergency use authorization dari regulator pengawas obat China.

"Sejak Juli 2020 sudah mendapatkan izin penggunaan emergency dari National Medicine Product Administration berdasarkan hasil uji klinis fase 1 dan 2. Dan telah mendapat sertifikat halal," ujar Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangan pers, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: HNW Sepakat Vaksin Covid-19 Asal China Dikasih Cap Halal

Setelah China, regulator pengawas obat di Uni Emirat Arab akan menyusul memberikan izin penggunaan darurat pada Oktober mendatang. Izin yang diberikan oleh UEA juga akan mempertimbangkan uji klinis tahap ketiga yang sudah dijalankan saat ini.

Penny menjelaskan, pasokan vaksin versi Bio Farma-Sinopharm-G24 ini akan tersedia di Indonesia sebanyak 10 juta dosis hingga akhir 2020. Angka ini sudah disepakati dalam kunjungan bersama antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menlu Retno Marsudi ke UEA beberapa waktu lalu.

BPOM, ujar Penny, juga sudah bertemu dengan Kementerian Kesehatan UEA untuk membicarakan mengenai rencana produksi vaksin Covid-19 tersebut. BPOM juga telah mengunjungi langsung pusat uji klinis vaksin di Abu Dhabi National Exhibition Center.

"Kami melihat uji klinis fase 3 vaksin dilakukan dengan sangat baik dan terorganisir," kata Penny.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: