Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap..! Efektivitas Vaksin Sinovac Kini Makin Terbukti

Mantap..! Efektivitas Vaksin Sinovac Kini Makin Terbukti Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabar baik datang dari vaksin Covid Sinovac. Vaksin yang sejauh ini mendominasi program vaksinasi di Indonesia, kini makin terbukti efektivitasnya di dunia nyata. Tak terbatas di uji klinis semata.

Di Tanah Air, vaksin ini sudah disuntikkan ke banyak orang, terutama tenaga kesehatan, lansia, dan petugas publik. Informasi ini disampaikan dr. Adam Prabata, kandidat PhD Kobe University, Jepang via akun Instagramnya.

Adam mengungkap, berdasarkan data pemerintah Chile tahun 2021, vaksin Sinovac terbukti 67 persen mencegah Covid bergejala, 85 persen mencegah rawat inap karena Covid, 89 persen mencegah masuk ICU karena Covid, 80 persen mencegah kematian karena Covid.

Selain itu, berdasarkan data pemerintah Brazil tahun 2021, efektivitas vaksin Sinovac juga menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dosis ke-2. Minggu ke-2 setelah dosis ke-2, efektivitasnya mencapai 50,7 persen. Minggu ke-3 naik jadi 51,8 persen, minggu ke-4 (68,4 persen), dan minggu ke-5 (73,8 persen).

Baca Juga: Walau Udah Divaksin, Perhatikan 4 Hal Ini!

"Efektivitas vaksin Sinovac semakin meningat dari minggu ke-2 hingga ke-5 setelah dosis ke-2," kata Adam.

Lantas, bagaimana efektivitasnya terhadap mutasi virus?

Terkait hal ini, Adam menjelaskan, angka efektivitas vaksin Sinovac di Brazil diperoleh di tengah situasi penyebaran varian P1. Varian ini memiliki mutasi Eek alias E484K, yang diduga mampu menghindar dari jerat antibodi. Virus ini sudah tiba di Indonesia.

"Sehingga, vaksin Sinovac diduga tetap efektif dan mampu memberikan perlindungan dari mutasi virus penyebab Covid yang ada saat ini," terang Adam. [HES]

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: