Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Pham Nhat Vuong, Miliarder Pertama Vietnam yang Berawal Sukses di Ukraina

Kisah Orang Terkaya: Pham Nhat Vuong, Miliarder Pertama Vietnam yang Berawal Sukses di Ukraina Kredit Foto: Asia Property Awards/Pham Nhat Vuong
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengembang properti asal Vietnam, Pham Nhat Vuong adalah salah satu orang terkaya di dunia. Vuong adalah pendiri dan ketua Vingroup.

Vuong lahir pada 5 Agustus 1968 di Haiphong. Keluarga dari pihak ayah berasal dari Ha Tinh di Vietnam tengah-utara. Ayahnya bertugas di divisi pertahanan udara Angkatan Darat Vietnam, dan ibunya memiliki toko teh. Namun, keluarganya memiliki pendapatan yang sangat kecil. Ia dibesarkan di Hanoi dan lulus dari SMA Kim Lien pada tahun 1985.

Pada tahun 1987, ia memasuki Universitas Pertambangan dan Geologi Hanoi serta dikirim ke Rusia untuk belajar di Institut Prospeksi Geologi Moskow berkat beasiswa lewat bakat matematikanya yang mendalam. Ia lulus dari universitas ini pada tahun 1992.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Sandra Ortega Mera, Pewaris Brand Fesyen Zara Berharta Rp100 Triliun

Setelah lulus, ia menikah dengan Pham Thu Huong, yang ia kenal sejak SMA, dan pindah ke Kharkiv, Ukraina.

Pada 1990-an, Pham Nhat Vuong belajar di Rusia dan memulai bisnis mi instan yang populer di Ukraina. Menggunakan uang yang dipinjam dari teman dan keluarga, ia membuka restoran Vietnam di Ukraina, tetapi segera ia juga mulai memproduksi dan menjual mie instan.

Pada tahun 1993, ia mendirikan Technocom, yang menjadi pemimpin pasar dalam produk kuliner dehidrasi di Ukraina. Pada tahun 2009, Vuong menjual Technocom ke Nestle seharga USD150 juta (Rp2,1 triliun), sebelum kembali ke Vietnam.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: