Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Alain Merieux, Pemilik Raksasa Vaksin Prancis yang Dekat dengan Xi Jinping

Kisah Orang Terkaya: Alain Merieux, Pemilik Raksasa Vaksin Prancis yang Dekat dengan Xi Jinping Kredit Foto: La Croix/LvonderWeid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder dan orang terkaya Prancis, Alain Merieux adalah pemilik dari Institut Mérieux yang didirikan oleh kakeknya, Marcel Mérieux pada tahun 1897 dengan nama Institut Biologique Mérieux (Lembaga Biologi Mérieux). Institut ini berfokus pada pengembangan vaksin. Ayah Alain, Charles Mérieux (1907–2001) sebelumnya memimpin perusahaan.

Alain merupakan konglomerat kedokteran dan kesehatan masyarakat yang berspesialisasi dalam diagnostik, imunoterapi, dan nutrisi. Alain meraih gelar doktor dalam ilmu farmasi, ia juga pernah magang di Rumah Sakit Lyon dan alumnus Harvard Business School.

Baca Juga: Perusahaan E-Commerce Milik Orang Terkaya di Indonesia Beli Ranch Market dan Farmers Market

Pada tahun 1968, Alain Merieux mengambil alih Kepresidenan Institut Mérieux dan memberi kelompok itu posisinya sebagai pemimpin dunia dalam bidang vaksin, baik dalam kedokteran manusia maupun kedokteran hewan.

Selain itu, Alain Merieux juga terlibat dalam kegiatan politik di Prancis, ia pernah menjadi wakil presiden pertama dewan wilayah Rhone-Alpes dari 1986 hingga 1998, di mana ia bertanggung jawab atas hubungan luar negeri, pengembangan ekonomi, penelitian, dan pendidikan menengah.

Forbes memperkirakan kekayaan bersih Mérieux mencapai USD8,6 miliar (Rp122 triliun) yang menjadikannya orang terkaya ke-304 di dunia per 17 September 2021.

Institut bioMérieux dimulai lebih dari 55 tahun yang lalu berdasarkan tradisi Louis Pasteur dan perjuangan melawan penyakit menular. Pada tahun 1897, Marcel Mérieux yang belajar dengan Pasteur, mendirikan sebuah laboratorium di Lyon di mana ia mengembangkan serum anti-tetanus pertama.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: