Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Gianluigi Aponte, Miliarder Pemilik Pelayaran Logistik Terbesar Kedua di Dunia

Kisah Orang Terkaya: Gianluigi Aponte, Miliarder Pemilik Pelayaran Logistik Terbesar Kedua di Dunia Kredit Foto: Econostrum/Gianluigi Aponte
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Italia, Gianluigi Aponte lahir di Sant'Agnello, Italia pada 27 Juni 1940. Ia adalah pendiri dan pemilik Mediterranean Shipping Company (MSC), perusahaan pelayaran peti kemas terbesar kedua di dunia setelah Maersk.

Gianluigi Aponte memasuki industri perkapalan pada tahun 1970 bersama istrinya, Rafaela Aponte. Pada saat itu, perusahaan yang baru dibentuk ini hanya memiliki satu kapal yang akan mengirimkan kargo antara Eropa dan Afrika.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Wang Laisheng, Pendiri Perusahaan Pemasok Apple

Dengan pertumbuhan bisnisnya, akhirnya ia pindah ke industri pelayaran pada tahun 1988 dan bisnis tersebut lah yang membuatnya menjadi salah satu miliarder di dunia dengan harta kekayaan USD10,7 miliar (Rp152 triliun).

Saat ini, perusahaan tersebut merupakan jalur pelayaran peti kemas terbesar kedua di dunia dengan 445 kapal, tepat di belakang pemimpin global Maersk yang memiliki armada 470 kapal.

Pada tahun 2014, Aponte telah pensiun dari posisi CEO dan presiden. Posisi tersebut digantikan oleh putranya, Diego Aponte yang mengambil peran sebagai ketua eksekutif dalam MSC. Namun, pada 2019, MSC menunjuk mantan COO Maersk Soren Toft sebagai CEO pada November 2019.

MSC juga beroperasi dalam kapal pesiar liburan (MSC Cruises), logistik darat (Medlog) dan operasi pelabuhan (Terminal Investment Limited). Istrinya, Rafaela adalah wanita Swiss yang ia temui saat sang istri menjadi penumpang di sebuah kapal dimana dia adalah kaptennya. Mereka memiliki dua anak, Diego Aponte dan Alexa Aponte Vago, keduanya ikut andil dalam perusahaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: