Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: John Fredriksen, Raja Minyak Terkaya di Norwegia

Kisah Orang Terkaya: John Fredriksen, Raja Minyak Terkaya di Norwegia Kredit Foto: Sunday Times
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya dunia, John Fredriksen adalah raja minyak dan perkapalan Norwegia. Menurut catatan Forbes, hari ini ia berharta USD10,2 miliar atau setara dengan Rp142 triliun. Pria kelahiran Oslo, Norwegia, 10 Mei 1964 ini memulai karir profesionalnya bekerja untuk pialang kapal di Norwegia.

Di usia akhir 20-an, dia meninggalkan perusahaan dan berkelana sendiri. Dia pertama kali mulai berdagang minyak pada 1960-an di Beirut, kemudian dia membeli kapal tanker pertamanya pada 1970-an.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Robin Zeng, Pendiri Baterai Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Selama Perang Iran-Irak pada 1980-an, dia adalah salah satu dari sedikit perusahaan pengapalan minyak yang terus bekerja di wilayah tersebut, meskipun sangat berbahaya. Perusahaannya menghasilkan keuntungan besar selama dekade itu. Pada tahun 1990-an, dengan Frontline Ltd., dia terkenal sebagai raja perdagangan kapal tanker.

Kemudian setelah perang, ia menjadi pemilik kapal tanker terbesar di dunia, memiliki lebih dari 17 kapal tanker minyak dan kepentingan utama dalam rig minyak dan budidaya ikan.

John Fredriksen memiliki minat utama dalam pembor lepas pantai Seadrill, perusahaan budidaya ikan Marine Harvest, serta Golden Ocean Group.

Pada tahun 2006, perusahaannya, Seadrill, membeli lebih dari 50% Smedvig dan menguasai perusahaan. Kesepakatan ini adalah kesepakatan terbesarnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: