Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Robert Ng, Pengembang Properti Terkaya di Hong Kong dan Singapura

Kisah Orang Terkaya: Robert Ng, Pengembang Properti Terkaya di Hong Kong dan Singapura Kredit Foto: SCMP/Jonathan Wong
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konglomerat pengembang properti Hong Kong, Robert Ng Chee Siong mengendalikan Far East Organization, ia adalah salah satu orang terkaya berkat menjadi tuan tanah dan pengembang properti terbesar di Singapura. Cabang Hong Kong mereka, Sino Group, diawasi oleh kakaknya Robert dan putranya Daryl, sementara Philip mengawasi kepentingan Singapura. Ia adalah putra tertua dari Ng Teng Fong, miliarder real estate Singapura.

Karena posisi bisnisnya, Ng memegang sejumlah besar kekuasaan di bawah sistem konstituensi fungsional Hong Kong. Pada tahun 1998, ia dan perusahaan yang dimiliki oleh Sino Group menguasai sekitar 3-4% suara di daerah pemilihan real estat, dan tambahan dua suara di daerah pemilihan pariwisata.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Zhang Yong, Miliarder China yang Justru Jadi Orang Terkaya Singapura

Hak suara yang dia pegang melalui sistem ini telah digambarkan setara dengan 6.100 hingga 15.940 suara di daerah pemilihan geografis, yang telah menimbulkan kritik oleh Pengawas Hak Asasi Manusia Hong Kong.

Meski demikian, pada kehancuran pasar saham global bulan Oktober 1987, Ng merugi 1 miliar dolar Hong Kong. Awalnya, Ng menolak membayar, mengklaim dilindungi oleh kewajiban terbatas perusahaan tempat dia berdagang.

Hal ini menyebabkan runtuhnya bursa berjangka; perdagangan juga terhenti di Bursa Efek Hong Kong selama empat hari. Investigasi oleh Biro Kejahatan Komersial Hong Kong mengungkapkan bahwa Ng telah menghindari panggilan margin melalui kolusi dengan salah satu brokernya.

Akan tetapi, pada akhirnya, tidak ada tuntutan yang diajukan terhadap Ng karena pemerintah kolonial Hong Kong merasa bahwa mengadili dia akan menimbulkan risiko bagi stabilitas pasar secara keseluruhan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: