Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Leonid Mikhelson, Oligarki Gas Alam Rusia

Kisah Orang Terkaya: Leonid Mikhelson, Oligarki Gas Alam Rusia Kredit Foto: The Moscow Times/Kremlin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Rusia, Leonid Mikhelson merupakan pendiri dan ketua produsen gas alam Novatek. Menurut Forbes Real Time Net Worth, ia adalah orang terkaya ke-48 dunia dengan total kekayaan mencapai USD21,8 miliar (Rp323 triliun).

Leonid Mikhelson lahir 11 Agustus 1955 di Kaspiysk dari keluarga Yahudi. Mikhelson memulai karirnya sebagai insinyur setelah lulus dengan gelar Teknik Sipil Industri dari Institut Teknik Sipil Samara pada tahun 1977.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Takemitsu Takizaki, Miliarder Pemasok Komponen Elektronik

Sebelum mendirikan perusahaan, ia bekerja sebagai mandor di sebuah perusahaan konstruksi dan perakitan di daerah Tyumen, Siberia. Salah satu proyek awalnya adalah mengerjakan pipa gas Urengoi-Chelyabinsk. Pada tahun 1985, ia diangkat sebagai Chief Engineer Ryazantruboprovodstroy.

Pada tahun 1987, ia menjadi Direktur Umum Kuibishevtruboprovodstroy. Pada tahun 1991, Kuibishevtruboprovodstroy adalah salah satu perusahaan pertama yang menjalani privatisasi setelah pembubaran Uni Soviet.

Pada tahun 1994, Mikhelson pun memulai perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Novatek. Sebelum menjadi Novatek, nama perusahaan tersebut adalah OAO FIK Novafininvest dan Mikhelson menjabat sebagai CEO hingga saat ini.

Selain itu, dari 2008 hingga 2010 Mikhelson juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi OAO Stroytransgas dan OOO Art Finance. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi ZAO SIBUR dan menjabat di Dewan Pengawas OAO Bank Pembangunan Regional Rusia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: