Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gawat, India Kirim Persediaan ke Perbatasan China buat Persiapan...

Gawat, India Kirim Persediaan ke Perbatasan China buat Persiapan... Kredit Foto: Reuters/Adnan Abidi
Warta Ekonomi, New Delhi -

Dari mengerahkan keledai-keledai hingga pesawat angkut besar, militer India mengaktifkan seluruh jaringan logistik untuk mengangkut persediaan bagi ribuan tentara menghadapi musim dingin brutal di sepanjang perbatasan dengan China di Himalaya.

Dalam beberapa bulan terakhir, salah satu pengerahan logistik militer terbesar di India dalam beberapa tahun terakhir telah membawa amunisi, peralatan, bahan bakar, persediaan musim dingin dan makanan ke Ladakh. Kawasan yang berbatasan Tibet itu oleh India dikelola sebagai wilayah persatuan.

Baca Juga: Ssst... Sandiaga Uno Ungkap Ancaman dari India dan China

Langkah ini dipicu pertikaian dengan China di gurun salju Ladakh yang dimulai pada Mei dan memanas pada Juni. Bentrok saling pukul tanpa senjata api itu telah menewaskan banyak tentara di kedua negara.

Sebanyak 21 tentara India tewas dan korban di pihak China tidak diungkapkan secara jelas.

Kedua negara bernegosiasi untuk menyelesaikan konflik tapi tak ada satu pihak pun yang menarik pasukan atau mengurangi persediaan. Militer India kini sudah siap mempertahankan pasukannya di sepanjang perbatasan dataran tinggi dengan kontur berbukit dan berjurang itu.

Musim dingin yang brutal di kawasan itu membuat persediaan yang harus dikirim pun harus menyukupi kebutuhan ribuan tentara.

Ladakh Timur biasanya dijaga 20.000 hingga 30.000 tentara. Namun pengerahan tentara ditambah lebih dari dua kali lipat seiring meningkatnya ketegangan.

“Kami meniru peningkatan jumlah tentara China,” papar pejabat militer India. Militer India telah bersiap menghadapi semua skenario tapi tidak ingin eskalasi meningkat atau konflik berkepanjangan.

Suhu di Ladakh bisa turun hingga di bawah nol derajat Celsius dan para tentara sering dikerahkan di ketinggian lebih 15.000 kaki yang jumlah oksigennya sedikit. 

Salju biasanya menutupi Ladakh paling cepat empat bulan setiap musim dingin. Militer India pun telah mengerahkan lebih dari 150.000 ton persediaan ke kawasan itu. 

“Semua persediaan yang kami perlukan telah dikirim ke mana pun mereka memerlukan,” kata Mayor Jenderal Arvind Kapoor, kepala staf angkatan darat India Korp 14. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: