Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

China Uji Coba Jet Siluman FC-31, Pesaing Utama F-35 AS

China Uji Coba Jet Siluman FC-31, Pesaing Utama F-35 AS Kredit Foto: Creative Commons
Warta Ekonomi, Beijing -

Perusahaan penerbangan milik negara China diduga telah menguji terbang prototipe jet tempur siluman barunya, FC-31 Gyrfalcon. FC-31 dirancang sebagai pesaing jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS).

Menurut foto saksi mata yang dipublikasikan di Weibo, prototipe terbaru dari jet tempur generasi kelima FC-31 Gyrfalcon terindikasi telah mengalami sejumlah modifikasi. Menurut laporan South China Morning Post, Selasa (8/9/2020), foto yang dipublikasikan itu belum bisa diverifikasi. 

Baca Juga: Intel Jumpai Tanda-tanda Rusia dan China Ganggu Pilpres AS

Pesawat siluman baru China ini digambarkan menggunakan afterburner yang menghabiskan bahan bakar saat naik ke ketinggian, dengan logo pengembang milik negara Aviation Industry Corporation of China (AVIC) terlihat jelas di ekor jet tempur.

Berbeda dari versi sebelumnya, prototipe terbaru tidak lagi memiliki perangkat pengukur kecepatan udara yang terletak di hidung jet tempur, menunjukkan itu bisa diganti dengan avionik yang dipasang seperti radaractive electronically scanned array atau AESA.

Kanopi transparan di atas kokpit juga terihat telah berubah menjadi desain yang lebih mirip dengan yang digunakan pada pesawat tempur siluman China lainnya, J-20.

Menurut foto tersebut, kemungkinan juga ada modifikasi untuk meningkatkan hambatan angin jet tempur.

Namun, pesawat itu mempertahankan mesin turbofan kembar WS-13 dari FC-31 sebelumnya. Mesin ini didasarkan pada desain Soviet tahun 1970-an dan dipandang sebagai batasan dalam hal fungsi dan kemampuan siluman jet tempur.

FC-31 adalah jet tempur siluman kedua yang dikembangkan di dalam negeri China setelah J-20. Pesawat FC-31 melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2012 dan telah muncul di sejumlah pertunjukan udara dengan harapan menarik pembeli asing.

Meski sudah sering dipamerkan, Angkatan Udara China masih menolak untuk memesannya. Kendati demikian, jet tempur itu memang dirancang untuk digunakan oleh layanan militer tersebut.

Menurut analis militer, kemajuan terbaru pada FC-31 menunjukkan pengembangnya telah mengalihkan fokus ke versi Angkatan Laut dari pesawat tempur siluman, terutama setelah unit penelitian dan pengembangan AVIC mengatakan pihaknya bertujuan untuk mulai menguji jet baru tahun depan.

Menjadi lebih ringan dan lebih kecil dari J-20, FC-31 bisa lebih cocok untuk kapal induk generasi berikutnya Angkatan Laut PLA, yang diharapkan memiliki sistem peluncuran ketapel dan akan membutuhkan pesawat tempur siluman yang lebih canggih daripada J-15, satu-satunya pesawat tempur berbasis kapal induk yang beroperasi. 

FC-31 memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan F-35 Lightning II. Pesawat ini memiliki berat lepas landas maksimum 25 ton, jarak tempuh 1.200 km (746 mil) dan kecepatan tertinggi Mach 1,8, atau 2.205 km/jam (1.370mph).

Sebagai perbandingan, F-35 memiliki berat lepas landas maksimum 27 hingga 32 ton, jangkauan hingga 2.200 km (1.367 mil), dan kecepatan tertinggi Mach 1,6. FC-31 China memiliki muatan senjata 8 ton, sedangkan F-35 Amerika memiliki muatan senjata 6,8 hingga 8,1 ton.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: