Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Buzzer RP?

Apa Itu Buzzer RP? Kredit Foto: Pixabay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Buzzer RP adalah penyuara politik yang dibayar melalui akun-akun di media sosial yang tidak mempunyai reputasi untuk dipertaruhkan. Buzzer RP juga merupakan kelompok yang tak jelas siapa identitasnya, lalu dengan motif ideologis atau motif ekonomi menjadi sosok yang menyebarkan informasi palsu.

Buzzer kerap digunakan untuk melakukan 'pemasaran' politik. Buzzer bisa bergerak sesuai keinginannya, namun bisa juga digerakkan oleh pihak tertentu. Cara menyuarakannya pun bisa secara langsung atau secara anonim.

Baca Juga: Pakar Ekonomi: Buzzer Politik Bahaya Sekali, Bisa Rusak Fondasi Demokrasi!!

Buzzer RP kini menjadi sebuah pekerjaan yang dikatakan menjanjikan. Buzzer bekerja untuk menggiring opini publik melalui akun-akun media berdasarkan permintaan klien.

Dilansir dari detikFinance di Jakarta, Selasa (16/6/2020) pekerjaan Buzzer RP ini merupakan sebuah proyek yang dibayar perbulan. Perkiraan bayarannya pun mulai dari Rp50 juta hingga Rp100 juta untuk tiap proyek isu.

Dari uang tersebut akan dibagi-bagi kepada para Buzzer RP yang bekerja. Per orang pun akan mendapatkan gaji Rp3,5 juta hingga Rp5 juta. Ada koordinator yang bekerja dengan gaji Rp6 juta. Sementara sumber lain mengatakan bahwa Buzzer RP bisa juga digaji Rp2 juta per satu paket nge-tweet.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: