Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Potret Warga yang Berstatus Zona Merah: Warga Wira-wiri Tak Bermasker dan Pasar Malam Buka

Potret Warga yang Berstatus Zona Merah: Warga Wira-wiri Tak Bermasker dan Pasar Malam Buka Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wilayah Cengkareng, Jakarta Barat telah menjadi kelurahan tertinggi penderita Covid 19. Namun kesadaran masyarakat di kawasan ini cukup rendah. Hal itu terlihatnya banyaknya masyarakat yang tak menggunakan masker saat melintas di jalanan di kawasan ini.

Bahkan di wilayah ini, pedagang kaki lima (PKL) dan Pasar Malam tetap beraktivitas seperti biasanya. Ratusan pedagang tumpah ruah dari pagi hingga malam di kawasan zona merah tersebut.

Saat menjelang sore hingga malam hari, kawasan ini dipenuhi sejumlah kendaraan roda dua dengan penggunanya hampir tak menggunakan masker.

Baca Juga: Sempat Positif Corona, Putra Wali Kota Meninggal Dunia

Termasuk di jalan Ruko Palem Mutiara yang berdekatan langsung dengan RSUD Cengkareng, salah satu Rumah Sakit Rujukan Covid 19. Setiap sorenya PKL mulai dari makanan, pakaian, hingga aksesoris berdagang di kawasan ini.

Bahkan, mereka yang berjualan disana tak peduli dengan protokol kesehatan. Seperti berjaga jarak hingga menggunakan masker.

“Kami lebih takut mati kelaparan dari pada mati kena covid. Lagi pula saya sering mencuci tangan, jadi amanlah,” kata Fajri, 34, salah satu pedagang pakaian di temui dikawasan itu, Minggu (20/9/2020) malam.

Dia mengakui, semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, khususnya Jakarta, aktivitas dirinya sebagai pedagang tak terpengaruh, ia tetap berdagang seperti biasanya, termasuk berjualan pakaian.

Sementara sejumlah kafe dan warung makan yang tersebar di kawasan ini hingga menuju pedongkelan juga tetap beraktivitas. Bahkan mereka mempersilahkan pengunjung makan di cafe tanpa jaga jarak.

“Masa beli makan minum di kafe, tapi di rumah kan engga asik,” celetuk Heni, 26, pengunjung kafe.

Masih di lingkungan Cengkareng Timur, tepatnya di Pasar Bersih, sekitar 300 meter dari RSUD Cengkareng. Setiap malamnya sejak sebulan terakhir aktifitas pasar malam terlihat. Dengan wahana bermain seperti ombak banyu, bianglala, komidi putar, hingga perahu (kora kora) terlihat. Usai magrib, biasanya kawasan ini dipenuhi pengunjung yang kebanyakan warga sekitar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: