Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Pertumbuhan UMKM yang Terdampak Pandemi, Begini Cara Yili Group dan GAFI

Dukung Pertumbuhan UMKM yang Terdampak Pandemi, Begini Cara Yili Group dan GAFI Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Yili Group dan PT Green Asia Food Indonesia (GAFI) menyerahkan bantuan sepeda serbaguna ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sepeda sebanyak 10 unit tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Menurut Yu Miao, perwakilan management GAFI, ini merupakan donasi kedua yang dilakukan Yili Group bersama GAFI untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, pada November 2020 Yili Group juga telah memberikan sepeda serbaguna sebanyak 20 unit.

“Hari ini kami kembali memberikan sepeda serbaguna demi mendukung pertumbuhan UMKM di tengah pandemi Covid 19,” tuturnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Bangkitkan UMKM Jaman Now, BCA Gelar Festival UMKM Virtual

Sepeda-sepeda tersebut didesain khusus oleh tim Yili dan dibuat di bengkel sepeda di daerah Bekasi. Nantinya, sepeda tersebut mampu mengangkut aneka barang dagangan untuk dibawa keliling oleh pelaku UMKM. 

“Sehingga perekonomian mereka yang tadinya terpuruk diharapkan dapat terangkat sedikit demi sedikit,” Yu Miao.

Di kesempatan yang sama, Kusmana Hartadji, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, mengaku berterima kasih kepada Yili Group atas bantuan sepeda serbaguna tersebut. Menurutnya, pemulihan ekonomi khususnya pada UMKM membutuhkan dukungan semua pihak.

“Tidak hanya pemerintah daerah, tapi juga semua pihak termasuk industri. Dengan bergandengan tangan, saya optimistis UMKM di Jawa Barat akan cepat bangkit di tengah pandemi,” jelasnya.

Baca Juga: Hanya Pasarkan Produk Asli Indonesia, Lokalpunya Bantu UMKM Pasarkan Produk

Sepeda tersebut langsung diserahkan oleh Kusmana kepada pelaku UMKM di Bandung. Salah satu penerima sepeda serbaguna, Dian Herlina, pedagang kue basah dari Cikutra mengaku senang atas bantuan tersebut.

Perempuan yang sudah berjualan kue basah sejak 2012 ini, sebelumnya selalu diantar oleh suami menggunakan sepeda motor berkeliling kampung untuk menjajakan kue basah. “Jika suami saya sedang bekerja dan motornya dipakai, otomatis saya berjalan kaki keliling kampung untuk jualan kue basah, dan ini cukup memakan waktu dan tenaga,” katanya.

Dengan bantuan sepeda ini, Dian bersyukur bisa keliling kampung lebih cepat. “Dan saya pun tetap bisa berjualan walaupun suami sedang bekerja. Malah saya bisa jualan sampai ke kampung-kampung sebelah,” tutupnya.

Kegiatan sosial ini adalah bagian dari keberlanjutan program sosial Yili di tahun 2021. Sebelumnya Yili telah memberikan bantuan kepada reseller Joyday terdampak banjir di Banjarmasin. Ditahun 2020, Yili group juga telah menyerahkan bantuan kepada Pemda Provinsi Jawa Barat melalui bantuan program Bike For Care, bantuan bagi Rumah Sakit Umum Daerah DKI dan tenaga medis melalui Pemprov DKI berupa tempat cuci tangan portable dan produk ice cream, membantu ribuan unit bisnis kecil dan menengah, mendistribusikan bantuan makanan pokok, dan melalui Kantor Staf Kepresidenan memberikan bantuan berupa 100.000 masker kesehatan, 2.000 kacamata pelindung dan 2.000 baju pelindung bagi tenaga medis di Indonesia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: