Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Segudang Rekam Jejak Puan Maharani Dinilai Jadi Modal Potensial Untuk Menjadi Pemimpin Nasional

Segudang Rekam Jejak Puan Maharani Dinilai Jadi Modal Potensial Untuk Menjadi Pemimpin Nasional Kredit Foto: Twitter/Puan Maharani
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai sangat potensial menjadi pemimpin nasional pada Pilpres mendatang. Pengalaman dan rekam jejak kepemimpinannya di lembaga-lembaga negara yang sangat berhasil menjadi modal bagi cucu Bung Karno ini naik kelas menjadi pemimpin nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Akademisi sekaligus Pegiat Kesetaraan Gender Alexander Aur saat diskusi bertajuk ‘Puan Maharani : Quo Vadis Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” di Jakarta, Selasa (7/12). 

“Kalau bicara rekam jejak kepemimpinan tentu Ibu Puan sangat potensial untuk menjadi pemimpin nasional. Pengalaman saat menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI sudah menjadi modal besar kepemimpinan ke depan. Lagi pula pengalaman memimpin lembaga negara itu seperti jalan lurus untuk memimpin negara,” ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Survei Menunjukkan Prabowo dan Puan Maharani Jadi Pasangan Terkuat dalam Bursa Pilpres 2024

Dia juga menjelaskan, bahwa saat menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), banyak program pemerintah yang sukses seperti penurunan angka kemiskinan, Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Bidik Misi, dan program lain berjalan dengan baik. 

“Jangan lupa saat itu Ibu Puan menkoordinir 8 kementerian yang terkait langsung dengan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat. Maka ketika program 8 kementerian ini berhasil baik, itu juga merupakan keberhasilan beliau dalam memimpin. Dan kualitas kepemimpinan itu adalah kemampuan melakukan konsolodasi yang hasilnya jelas ketika program-program tersebut berhasi,” jelas Alex. 

Pengalaman Puan makin matang lanjut dia saat memimpin DPR RI. Konsolidasi dan koordinasi lintas fraksi yang dilakukan Puan selama ini diakui sangat efektif sehingga menciptakan stabilitas politik di DPR RI. 

“Kalau dulu kita lihat DPR RI itu sering gaduh, maka di bawah kepemimpinan Puan DPR RI terlihat stabil. Ini bukan tidak mungkin karena kemampuan beliau dalam memimpin yang sekian matang,” ucap Dosen Filsafat Universitas Pelita Harapan tersebut. 

Baca Juga: Natalius Pigai Sebut Puan Maharani dan Prabowo Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Bangsa Ini

Alex menambahkan sebagai Ketua DPR RI saat ini Puan Maharani memiliki kesempatan luar biasa untuk makin menunjukkan kemampuan dia dalam memimpin. Termasuk keberpihakan pada isu-isu public yang saat ini sedang ditunggu-tunggu masyarakat. 

Selain itu, Puan kata dia dalam banyak kesempatan selalu menyampaikan komitmen tentang Indonesia Maju. Dan hal itu disampaikan Puan saat menyampaikan Pidato pertamanya sebagai Ketua DPR RI. 

“Hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat disampaikan seara lugas sebagai bentuk keberpihakan beliau seperti peningkatan pelayanan Kesehatan yang lebih merata, penguatan system penanggulangan bencana, penyempurnaan system jaminan sosial dan kebutuhan konkret masyarakat lainnya. Artinya beliau sebagai politisi sudah punya keberpihakan jelas yang menjadi modal untuk memimpin negara ini ke depannya,” pungkas Alex.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: