Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Profesor CDC Amerika: Kabar Gembira, Varian Omicron Lumpuh dengan 3 Suntikan Vaksin...

Profesor CDC Amerika: Kabar Gembira, Varian Omicron Lumpuh dengan 3 Suntikan Vaksin... Kredit Foto: Unsplash/Fusion Medical Animation
Warta Ekonomi, Washington -

Dr. Walter Orenstein, seorang profesor di Vanderbilt dan mantan direktur program imunisasi CDC AS, mengatakan dia menemukan data yang menggembirakan karena menunjukkan bahwa vaksin saat ini masih dapat digunakan untuk melawan varian Omicron.

"Kita mungkin tidak perlu mengganti vaksinnya. Kita mungkin bisa bertahan dengan vaksin saat ini, setidaknya untuk menekan penyakit parah," kata Orenstein, dikutip laman Reuters, Kamis (9/12/2021).

Temuan profesor AS juga didukung laporan terbaru dari BioNTech dan Pfizer yang diumumkan hari Rabu (8/12/2021). Produsen vaksin tersebut mengatakan tiga suntikan vaksin COVID-19 mereka mampu menetralkan varian Omicron dalam tes laboratorium.

Ini adalah sinyal awal bahwa suntikan booster bisa menjadi kunci perlindungan terhadap infeksi dari varian yang baru diidentifikasi.

Perusahaan Jerman dan AS mengatakan dua dosis vaksin mereka menghasilkan antibodi penetralisir yang jauh lebih rendah tetapi masih bisa melindungi terhadap penyakit parah.

"Garis pertahanan pertama, dengan dua dosis vaksinasi, mungkin dikompromikan dan tiga dosis vaksinasi diperlukan untuk memulihkan perlindungan," kata Chief Medical Officer BioNTech Ozlem Tuereci pada konferensi pers.

Perusahaan juga mengatakan mereka dapat mengirimkan vaksin yang ditingkatkan yang ditargetkan secara khusus pada varian Omicron pada Maret 2022 jika diperlukan.

BioNTech dan Pfizer adalah produsen vaksin COVID pertama yang mengeluarkan pembaruan resmi tentang kemanjuran suntikan mereka terhadap Omicron.

Dalam sampel darah yang diambil sekitar sebulan setelah suntikan ketiga, varian Omicron dinetralkan sama efektifnya dengan dua dosis menetralkan virus asli yang diidentifikasi di China.

Varian Omicron, pertama kali terdeteksi di Afrika selatan dan Hong Kong bulan lalu, telah memicu alarm global tentang lonjakan infeksi lainnya. Kasus telah dilaporkan dari Jepang ke Amerika Serikat dan di seluruh Eropa.

"Data baru dari Pfizer tentang efektivitas vaksin terhadap Omicron sangat menggembirakan," cuit Presiden AS Joe Biden pada Rabu (8/12/2021).

"Siapa pun yang memenuhi syarat dan belum mendapat booster harus mendapatkan booster hari ini," ujarnya menambahkan.

CEO BioNTech Ugur Sahin menyarankan agar negara-negara dapat mempertimbangkan untuk mempersingkat periode waktu antara dosis kedua dan ketiga vaksin untuk memerangi varian baru.

Dia mengutip langkah-langkah baru-baru ini oleh negara-negara termasuk Inggris untuk memajukan tembakan ketiga menjadi tiga bulan setelah tembakan kedua, dari enam bulan sebelumnya.

"Kami percaya ini adalah cara yang tepat untuk dilakukan terutama jika Omicron sekarang menyebar lebih jauh, untuk memungkinkan tingkat perlindungan yang lebih baik di musim dingin," kata Sahin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: