Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yayasan Life After Mine Gandeng PT Multi Harapan Utama Gelar Vaksin Gotong Royong

Warta Ekonomi, Jakarta -

Yayasan Life After Mine (YLAM) melanjutkan rangkaian inisiatif untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di sekitar lahan paska tambang.

YLAM kali ini memfasilitasi bantuan berupa program Vaksin Gotong Royong bagi 1,000 warga beserta pembagian sembako di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Inisiatif tersebut dilakukan oleh YLAM bersama salah satu mitranya PT Multi Harapan Utama (MHU). 

Program Vaksin Gotong Royong tersebut menggunakan vaksin jenis Sinopharm yang dilaksanakan di Gedung Beladiri Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kukar pada tanggal 22-24 November 2021. Program ini didukung oleh Dinas Kesehatan Kukar beserta instansi lainnya yang turut mendukung berlangsungnya acara.

Kabupaten Kukar memiliki populasi penduduk terpadat kedua di provinsi Kaltim, namun tingkat vaksinasi dosis 1 (57%) dan dosis 2 (41%) masih lebih rendah dibawah rata-rata dosis 1 (67%) dan dosis 2 (46%) di Propinsi Kaltim dan Nasional.

Andrew Hidayat, selaku Pembina Yayasan Life After Mine menyampaikan, hasil analisa tim kami menunjukan tingkat vaksinasi masyarakat di area kerja MHU masih dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, kami merasa perlu adanya inisiatif kerjasama yang melibatkan MHU dan pemerintah daerah dalam mendorong penetrasi vaksinasi untuk menekan angka penularan COVID-19.

Andrew percaya vaksinasi dan social distancing adalah satu – satunya cara untuk menahan resiko penyebaran kasus baru COVID-19 yang nantinya dapat mendukung kemajuan ekonomi dan pembangunan di setiap daerah.

Terdapat tiga kecamatan di Kabupaten Kukar yang merupakan area kerja MHU dengan jumlah penduduk terpadat yaitu Tenggarong, Loa Janan dan Loa Kulu yang mencatatkan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi namun masih dapat terus dioptimalkan untuk mencapai herd immunity.

“Hari ini, kami memulai dengan 1,000 dosis vaksin untuk warga Kukar. Melihat antusiasme yang ditunjukkan masyarakat atas program, kita mungkin akan melakukan program lanjutan. Kami menyadari untuk meningkatkan capaian tingkat vaksin dari 57% ke 70% memerlukan pendekatan yang khusus kepada masyarakat, ” ungkap Adri Martowardojo, Pengurus Yayasan Life After Mine.

COO MHU, Faiz Firdaus menyampaikan, program vaksin kali ini berhasil menjangkau masyarakat yang lebih luas walaupun tingkat vaksinasi Kukar saat ini sudah mempunyai capaian yang baik. Pembagian sembako yang kita adakan bersamaan dengan vaksin dilakukan untuk dapat memastikan kecukupan gizi masyarakat terutama pada periode paska vaksin.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Drs. H. Sunggono, MM. juga menyampaikan, menyambut baik bantuan vaksin dan sembako yang diusung oleh Yayasan Life After Mine bersama MHU.

Pihaknya berharap dengan bantuan ini dapat membantu pencegahan penyebaran COVID-19 secara menyeluruh, guna mengembalikan kembali perkembangan ekonomi di daerah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: