Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Covid-19 Terkendali, Satgas: Jangan Lengah!

Pandemi Covid-19 Terkendali, Satgas: Jangan Lengah! Kredit Foto: Instagram/wikuadisasmito
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 di Indonesia dalam kondisi terkendali beberapa waktu terakhir. Bahkan, dapat dikatakan bahwa Indonesia relatif cepat untuk bisa keluar dari puncak kedua pandemi Covid-19 yang terjadi pada Juli 2021 lalu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu satu bulan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah menurun hingg 45% dari puncak kedua. Sementara itu, jika dilihat sampai dengan pekan ini, penurunan kasus mencapai angka 98%. Meski begitu, Wiku menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh lengah dengan kondisi pandemi yang terkendali. Baca Juga: Menuju Endemi Covid-19, Indonesia Lindungi Kesehatan Masyarakat Hulu ke Hilir

Bagaimanapun, sejumlah negara di dunia saat ini tengah menghadapi puncak ketiga Covid-19. Hal itu tentu harus menjadi pembelajaran bagi Indonesia sehingga puncak ketiga dapat dicegah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan bersama-sama ialah vaksinasi Covid-19.

"Pemerintah Indonesia terus meningkatkan berbagai upaya pencegahan Covid-19, termasuk melalui vaksinasi. Saat ini Indonesia termasuk dalam lima negara dengan jumlah penduduk yang divaksinasi terbanyak, yaitu 106 juta orang," tegas Wiku dilansir pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Hal itu tidak membuat pemerintah berpuas diri. Oleh karena itu, cakupan vaksinasi terus diperluas hingga seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah masih akan menerima pasokan vaksin Covid-19 dalam jumlah besar untuk kemudian didistribusikan secara merata ke semua daerah.

Berkenaan dengan kondisi pandemi global, Wiku mengatakan secara umum sudah mengalami penurunan dari puncak ketiga. Hanya saja, Jepang, Singapura, dan Malaysia yang merupakan negara tetangga Indonesia sata ini sedang mengalami puncak ketiga.

"Adanya puncak ketiga di beberapa negara tersebut menjadi peringatan bagi Indonesia untuk tidak lengah terlepas dari tren penurunan kasus yang sedang berlangsung," tutupnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: