Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Data Menujukkan 1 dari 5 Pasien Covid-19 Gejala Parah adalah Wanita Hamil yang Tidak Divaksinasi

Data Menujukkan 1 dari 5 Pasien Covid-19 Gejala Parah adalah Wanita Hamil yang Tidak Divaksinasi Kredit Foto: Unsplash/Marcelo Leal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wacana pro-kontra pemberian vaksin dan efektivitasnya masih terus bergulir saat ini. Sebagian orang menganggap bahwa vaksin tidak berdampak besar pada penanganan infeksi Covid-19. Padahal sudah banyak studi atau penelitian yang menyebut bahwa vaksin efektif mencegah risiko kematian karena Covid-19.

Vaksin terhadap Ibu Hamil pun menjadi perdebatan mengenai penting atau tidaknya diterapkan. Nyatanya telah banyak bukti yang menunjukkan pentinnya vaksin bagi ibu hamil. Data terbaru menunjukkan 1 dari 5 pasien covid-19 gejala parah adalah wanita hamil yang tidak divaksinasi.

Baca Juga: Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Benar atau Salah? Ternyata...

Melansir laman Mirror (11/10/21), wanita hamil didesak untuk mendapatkan suntikan virus corona setelah terungkap satu dari lima pasien yang sakit kritis adalah calon ibu yang tidak divaksinasi.

Beberapa yang terkena dampak parah telah menjalani terapi Oksigenasi Membran Ekstrakorporeal.

Ini hanya digunakan ketika paru-paru rusak sehingga ventilator tidak dapat mempertahankan kadar oksigen.

Dari semua wanita berusia antara 16 dan 49 tahun yang menggunakan mesin khusus, wanita hamil mencapai 32%, naik dari 6% pada awal penguncian (lockdown).

 “Ini adalah pengingat nyata lainnya bahwa tusukan dapat membuat Anda, bayi Anda, dan orang yang Anda cintai tetap aman.” Ucap Jacqueline Dunkley-Bent OBE, Kepala Kebidanan pertama dan Profesor Kebidanan di King's College London.

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

“Anda dapat menerima vaksinasi kapan saja selama kehamilan, tetapi risiko yang dihadapi wanita hamil yang tidak divaksinasi menjadi sangat tidak sehat jika mereka terkena Covid menunjukkan dengan tepat mengapa kami menyarankan Anda untuk melakukannya sesegera mungkin.”  Lanjutnya.

Public Health England mengatakan lebih dari 81.000 wanita hamil telah menerima dosis pertama mereka sementara 65.000 telah mendapatkan suntikan kedua.

Data dari 100.000 suntikkan vaksin di antara calon ibu di Inggris dan 160.000 di AS menunjukkan tidak ada bahaya bagi janin atau bayi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Bukan Hanya Satu Jenis, Diabetes Insipidus Ternyata…

"Jumlah wanita hamil yang tidak divaksinasi yang tidak proporsional dalam perawatan intensif menunjukkan risiko signifikan penyakit parah akibat Covid-19 dalam kehamilan." Jelas Dr Edward Morris, presiden Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: