Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh... Studi Mengungkapkan Selama Pandemi Kenaikan Berat Badan Signifikan Terjadi pada Anak

Duh... Studi Mengungkapkan Selama Pandemi Kenaikan Berat Badan Signifikan Terjadi pada Anak Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tingkat perubahan indeks massa tubuh (body mass index/BMI) pada anak-anak hampir dua kali lipat dari Maret hingga November 2020 dibandingkan dengan tingkat perubahan BMI sebelum pandemi Covid-19.

Hal ini menurut sebuah penelitian dalam laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) tentang morbiditas dan mortalitas, dilansir di CNN.

Tim CDC menggunakan database rekam medis untuk membandingkan perubahan BMI pada 432.302 anak-anak AS antara usia 2 dan 19 tahun sebelum dan selama pandemi. BMI adalah ukuran yang menggunakan data tinggi dan berat badan untuk melacak perubahan berat badan relatif terhadap tinggi badan.

Semua anak dalam penelitian ini mengalami peningkatan signifikan dalam tingkat perubahan BMI mereka selama pandemi, kecuali anak-anak yang kekurangan berat badan, menurut laporan tersebut.Peningkatan tersebut terutama tinggi pada anak usia sekolah dan mereka yang mengalami obesitas.

Baca Juga: Perut Kosong? Hindari Beberapa Hal Berikut, Alasannya...

"Anak-anak prasekolah (taman kanak-kanak) dan usia sekolah, terutama mereka yang obesitas, memiliki peningkatan BMI terkait pandemi yang lebih besar daripada remaja," ujar Samantha Lange, ahli epidemiologi di tim kesehatan dan perawatan kesehatan CDC.

Menurut laporan tersebut, hal ini mungkin karena penutupan banyak pusat penitipan anak dan sekolah dasar selama pandemi, yang mengurangi akses ke pilihan makanan yang lebih sehat dan program olahraga yang terorganisir.

Pada anak-anak dengan obesitas, tingkat perubahannya 5,3 kali lebih tinggi selama pandemi, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. "Selama delapan bulan masa studi, anak-anak dengan obesitas sedang atau berat memperoleh rata-rata 1,0 dan 1,2 pon (0,45 dan 0,54 kilogram) per bulan, masing-masing," tulis tim CDC.

Baca Juga: Makan Camilan Sebelum Tidur bagi Penderita Diabetes Ternyata…

Pertambahan berat badan pada tingkat ini selama 6 bulan diperkirakan menghasilkan 6,1 dan 7,6 pon (2,8 dan 3,5 kilogram), masing-masing, dibandingkan dengan 2,7 pon (1,2 kilogram) pada orang dengan berat badan yang sehat.

Para penulis mengatakan penelitian ini adalah analisis keragaman geografis terbesar dan pertama yang melihat dampak pandemi pada BMI dan yang pertama menunjukkan hasil berdasarkan kategori BMI awal.

Temuan tersebut, tim studi mencatat, menyarankan perlunya peningkatan akses ke upaya yang mempromosikan perilaku sehat, termasuk skrining BMI dan upaya federal dan negara bagian yang terkoordinasi untuk memfasilitasi makan sehat dan aktivitas fisik.

Baca Juga: Gemuk Tetapi Bugar, Sebuah Alternatif Hidup Sehat yang Ahli Rekomendasikan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: