Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov DKI Andalkan Sistem Pelacakan Berbasis GPS Fox Logger

Pemprov DKI Andalkan Sistem Pelacakan Berbasis GPS Fox Logger Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peran bus sekolah di lingkungan DKI Jakarta kini semakin vital. Sejak pandemi Covid-19, bus sekolah telah berperan multifungsi

Alih-alih menganggur karena siswa sekolah belajar daring, armada ini justru kian sibuk dalam melayani masyarakat, di antaranya membantu mengantisipasi lonjakan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Juanda, Manggarai dan Tebet, juga dari Stasiun Bogor menuju ke lima stasiun di DKI Jakarta tersebut.

Selain itu Bus Sekolah juga mengevakuasi pasien Covid-19 ke rumah sakit rujukan Covid-19 seperti Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat dan juga sebagai moda angkutan tenaga-tenaga medis.

Untuk mendukung kelancaran mobilitas tersebut, Pemprov DKI pun semakin mengandalkan Sistem Pelacakan Berbasis GPS dari Fox Logger. Keberadaan GPS Fox Logger, seperti dituturkan Siswanto Adi Nugroho, Kepala Satuan Sarana dan Prasarana Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dishub DKI Jakarta, menopang operasional bus sekolah dalam beberapa hal yang krusial.

Selain berfungsi mengontrol penggunaan BBM dan kinerja layanan bus supaya sesuai rute, GPS Fox Logger juga membantu memberikan data jumlah bus yang melayani tenaga medis dan evakuasi pasien Covid-19.

Dapat pula, memberikan data seputar rute serta daerah mana saja yang terlihat banyak request, atau permintaan dilayani bus sekolah setiap harinya.

"Bahkan, dari data rute serta permintaan layanan ini, Pemprov DKI mendapat informasi tambahan. Dari data tersebut, bisa diolah menjadi informasi di daerah mana saja yang angka Covid-nya tinggi,” ujar Siswanto menjelaskan, dalam siaran media, Rabu (28/7/2021).

Pemprov DKI sendiri, sudah menggandeng GPS Fox Logger sejak tahun 2015, tidak saja untuk bus sekolah, tapi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain yang membutuhkan GPS seperti truk sampah serta pemadam kebakaran.

Khusus untuk bus sekolah, alat ini digunakan untuk mengontrol setiap unit layanan bus sekolah agar mobilitasnya berjalan baik, efisien, efektif dan produktif.

"Sebab dengan GPS Fox Logger, Pemprov DKI bisa memonitor mulai dari kesesuaian rute, akuntabilitas kilometer dan penggunaan BBM, keamanan aset, hingga integrasi sistem transportasi yang modern," jelasnya.

Juga dikatakan, GPS Fox Logger dipilih Pemprov DKI karena sejumlah faktor. Selain harganya yang kompetitif, web server yang dimiliki secara independen, berdomisili di Indonesia, fiturnya lengkap, pelayanan mereka juga cepat dalam merespons jika ada keluhan, seperti melakukan perbaikan bila ada kerusakan.

Dengan keunggulan yang dimiliki GPS Fox Logger, Alamsyah Cheung, selaku CEO Fox Logger Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan layanan bagi Pemprov DKI, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

“Sebab kami ingin bisa membantu penanganan Covid-19 sebaik mungkin,” katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: