Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta dalam Pemberian Vaksinasi di Yogyakarta

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta dalam Pemberian Vaksinasi di Yogyakarta Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, mengatakan bahwa pemerintah telah mulai melakukan vaksinasi terhadap kelompok penyandang disabilitas fisik dan mental sejak 2 Juni lalu.

"Para penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima vaksin karena sangat penting untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang rentan terpapar virus Covid-19," ujar drg. Oscar mewakili Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Grab Vaccine Center Yogyakarta, berlokasi di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (17/6).

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, Danone Indonesia Vaksinasi 5.000 Karyawan

Grab Vaccine Center merupakan kolaborasi Grab dan Good Doctor berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadirkan pusat vaksin yang inklusif di DIY. Grab Vaccine Center Yogyakarta menargetkan vaksinasi kepada 10.000 penyandang disabilitas, lansia, serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi.

drg. Oscar menyampaikan apresiasi kepada Grab dan Good Doctor atas komitmen yang berkelanjutan mendukung Program Vaksinasi Nasional. "Melalui Grab Vaccine Center dengan pendekatan teknologi dan juga ramah bagi penyandang disabilitas dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Sri Paduka Paku Alam X, Wakil Gubernur dan Ketua Satgas COVID-19 Provinsi DIY, mewakili Gubernur DIY dalam sambutannya menyampaikan, pandemi global Covid-19 telah menyebabkan rangkaian disrupsi dalam tatanan kehidupan. Berbagai upaya preventif telah ditempuh, salah satunya adalah pelaksanaan vaksinasi. Dia juga mengingatkan semua pihak terus menerapkan budaya 5M.

"Mari saiyeg saekpraya (bersama bergotong royong untuk satu tujuan, red), mengawal upaya recovery sosial dan ekonomi dengan budaya hidup sehat, kapan dan di mana pun berada," ujar Sri Paduka Paku Alam X.

Sri Paduka Paku Alam X mengatakan, mewakili Pemda DIY juga menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Grab Indonesia dan Good Doctor atas kontribusi dalam memfasilitasi akses vaksinasi bagi masyarakat DIY, khususnya para kelompok rentan, penyandang disabilitas, dan mitra pengemudi transportasi.

"Semoga langkah Grab Indonesia dan Good Doctor dapat menjadi contoh gerakan kolaboratif dalam memutus dan menekan laju penularan Covid-19 melalui pola kerja sama multihelix lintas sektor," katanya.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI) Sleman, Sukamto, bersyukur dengan keputusan pemerintah mengikutsertakan para penyandang disabilitas menjadi target prioritas penerima vaksin. Dengan program vaksinasi yang inklusif ini, dia berharap teman-teman disabilitas di Yogyakarta dapat makin terlindung dari paparan Covid-19.

Dia juga mengapresiasi Grab dan Good Doctor yang telah memberikan akses yang mudah di Grab Vaccine Center, serta turut mendukung mobilitas dan proses vaksinasi yang nyaman dan efisien bagi penyandang disabilitas.

"Saya juga mengajak teman-teman disabilitas untuk berpartisipasi aktif dalam Program Vaksinasi Nasional dan tidak perlu ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19 karena vaksin ini efektif untuk menekan penyebaran virus," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menyampaikan bahwa pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin. Pihaknya bangga dapat berkontribusi melalui teknologi dan sumber daya untuk mempercepat program vaksinasi di Tanah Air.

Di Yogyakarta, dia bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas dan memberikan fasilitas terbaik dalam pusat vaksinasi ini.

Neneng menyebut, pihaknya telah menghadirkan GrabGerak, layanan transportasi yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas dengan mitra pengemudi yang sudah dilatih untuk dapat melayani para penyandang disabilitas. GrabGerak akan siap menjemput para penyandang disabilitas yang akan divaksinasi di Grab Vaccine Center Yogyakarta.

"Kami berharap inisiatif yang kami lakukan ini dapat mendorong makin banyak masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19," ujarnya.

Sementara, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, menegaskan bahwa pihaknya selalu siap menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional dengan semangat gotong royong sesuai arahan Kementerian Kesehatan.

"Kami menyadari pentingnya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk mendukung pemulihan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: