Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kembali, Libur Panjang Paskah Tuai Kenaikan Angka Kematian dan Positif

Kembali, Libur Panjang Paskah Tuai Kenaikan Angka Kematian dan Positif Kredit Foto: Antara/Akbar N Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa angka kematian dan angka kasus positif mingguan kembali naik setelah minggu sebelumnya mengalami penurunan.

Kenaikan dari data per 18 April tersebut disebut Wiku dipicu oleh libur Paskah pada dua pekan lalu.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Ungkap Alasan Terjadi Lonjakan Tinggi Covid-19 di India

"Penambahan kasus positif dan kematian ini terjadi bisa karena dampak dari libur Paskah 4 April lalu," ujarnya dalam konferensi pers di Graha BNPB yang disiarkan secara daring, Selasa (20/4/2021).

Peningkatan disebut Wiku cukup tajam. Kenaikan kasus positif meningkat sebanyak 14% setelah minggu sebelumnya turun sebanyak 14%.

Daerah yang menyumbang angka kasus positif terbanyak adalah Jawa Barat dengan kenaikan 2.276 kasus, Jawa Tengah naik 1.203 kasus, dan Riau naik 346 kasus.

Angka kematian sendiri juga meningkat. Provinsi yang paling banyak menyumbang angka kematian adalah DKI Jakarta dengan 30 kasus, Riau 21 kasus, dan Kalimantan Tengah dengan 12 kasus.

Wiku menambahkan, pemerintah daerah perlu melakukan upaya mitigasi untuk mencegah penularan lebih banyak lagi. Terlebih, daerah-daerah yang masuk dalam wilayah prioritas PPKM mikro masuk sebagai penyumbang terbanyak angka kasus positif dan angka kematian.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: