Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkat Kepatuhan Prokes Turun, Satgas: Jangan Lengah!

Tingkat Kepatuhan Prokes Turun, Satgas: Jangan Lengah! Kredit Foto: Antara/Adeng Bustomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa tren kasus harian Covid-19 secara nasional terkontrol di angka 4.000-an kasus beberapa pekan terakhir. Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry Harmadi menyampaikan, tren kasus positif Covid-19, terutama sejak minggu ketiga Januari sampai awal April 2021, menurun.

Secara nasional, menurut Sonny, positivity rate di Indonesia memang turun dari sekitar 25-27% di Maret menjadi sekitar 11-14% di April. Sementara itu, kasus aktif juga menurun.

Baca Juga: Alamak! Ketua Satgas: 17 Persen Masyarakat Masih Tidak Percaya Covid-19

"Kasus aktif kita turun yang puncaknya mencapai 176.000 di Februari 2021, sekarang menjadi sekitar 108.000. Jadi ini hal bagus, tapi jangan kita menjadi lengah, apalagi di tengah dunia sedang mengalami pandemi gelombang ketiga," terangnya dalam Dialog Produktif bertema Protokol Kesehatan Bulan Ramadan yang ditayangkan secara daring di kanal YouTube FMB9ID_IKP, Jumat (16/4/2021).

Kendati begitu, Sonny mengingatkan untuk memperhatikan kecenderungan perubahan perilaku di masyarakat.

"Namun memang, ada kecenderungan beberapa minggu terakhir, angka kepatuhan masyarakatnya menurun. Di DKI Jakarta yang dinilai bagus dengan bulan lalu kepatuhan memakai masker mencapai 85%, sekarang angkanya 80%-81%," lanjutnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.

"Penurunan kasus aktif dan positif Covid-19 sampai Maret 2021 sangat terlihat di DKI Jakarta. Tapi tentu, hal ini jangan sampai melengahkan kita karena dua pekan ini kasus harian kita cenderung meningkat lagi sekitar 200 kasus per hari," terangnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: